Profil Usman Kansong Dirjen IKP Kominfo yang Resmi Mundur

Rabu, 14 Agustus 2024 - 17:52 WIB
loading...
Profil Usman Kansong...
Profil Usman Kansong Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo curi perhatian, seiring dengan pengumuman pengunduran dirinya. Foto/SINDOnews/Syifa Fauziah
A A A
JAKARTA - Profil Usman Kansong Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) curi perhatian, seiring dengan pengumuman pengunduran dirinya.

Usman Kansong resmi mengundurkan diri dari jabatannya Dirjen IKP Kominfo pada Rabu (14/8/2024).

"Saya mengundurkan diri dari Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kominfo per 13 Agustus," kata Usman di Kantor Kominfo, Jakarta.

Lantas seperti apa profil Usman Kansong? Berikut ini informasi selengkapnya.

Biodata Usman Kansong

Melansir dari laman resmi Kominfo, Usman Kansong lahir di Jakarta, 13 April 1970. Ia merupakan lulusan Ilmu Komunikasi FISIP USU, Medan, Sumatera Utara tahun 1994 dan Program Pascasarjana Sosiologi Universitas Indonesia tahun 2005.

Pria 54 tahun ini pernah bekerja sebagai jurnalis di sebuah media pemberitaan pada 1995-2020.

Karier Usman Kansong memang bisa dibilang cukup cemerlang. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Mundur dari Jabatan setelah tiga tahun

Usman Kansong dilantik sebagai Dirjen IKP Kominfo pada 10 Agustus 2021 oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate kala itu, di Media Center Kantor Kementerian Kominfo.

Setelah tiga tahun menjabat sebagai Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong pun mengundurkan diri. Tidak diketahui pasti apa alasan pengunduran diri Usman Kansong.

Sebelumnya Usman Kansong mengundurkan diri, Semuel Abrijani Pangerapan juga mengundurkan diri dari posisi Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kominfo pada Juli 2024.

Pengunduran diri Samuel imbas dari insiden peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)