Megawati hingga JK Bakal Hadiri Sidang Tahunan MPR, SBY Absen

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 08:39 WIB
loading...
Megawati hingga JK Bakal...
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dikabarkan akan hadiri Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024) pagi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dikabarkan akan hadiri Sidang Tahunan MPR di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024) pagi. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar.

Selain Megawati, Indra berkata, Wapres ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) hingga Wapres ke-6 Try Sutrisno akan hadiri sidang tahunan itu.

"Mantan Presiden dan Wakil Presiden yang hadir itu Megawati tadi pagi konfirmasi hadir, kemudian Bapak Try Sutrisno, Pak Jusuf Kalla, Pak Boediono yang hadir," kata Indra saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024) pagi.

Sementara itu, Indra berkata, Presiden ke-5 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan tak bisa hadir sidang tahunan. "Pak SBY enggak hadir," tuturnya.



Dengan demikian, Sidang Tahunan MPR ini menjadi momentum kali pertama Megawati dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu usai Pilpres 2024. Dalam Pilpres 2024, diketahui hubungan Megawati dan Jokowi sempat renggang.

Lebih lanjut Indra berkata, pihaknya tak mengundang wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka lantaran keterbatasan tempat. Namun, presiden terpilih Prabowo Subianto diundang dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

"Jadi untuk presiden terpilih dan wapres terpilih secara formil tidak kami undang mengingat keterbatasan-keterbatasan," kata Indra.

"Hari ini tata letak kursi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di panggung utama itu hanya ada presiden-wapres dan pimpinan sidang Ketua MPR/DPR/DPD," imbuhnya.

Sidang Tahunan 2024 akan terdiri dari tiga agenda yaitu pertama Sidang Tahunan MPR dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden Jokowi dan para tamu undangan.

Kemudian Sidang Bersama DPR dan DPD di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang bersama DPR dan DPD, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024. Di agenda ini, Presiden Jokowi akan menyerahkan Pengantar Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.

Sidang Tahunan 2024 akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada venue acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)