Menpan RB Luncurkan Buku Berkisah Empat Wajah Komjen Syafruddin

Jum'at, 30 Agustus 2019 - 19:18 WIB
Menpan RB Luncurkan Buku Berkisah Empat Wajah Komjen Syafruddin
Menpan RB Luncurkan Buku Berkisah Empat Wajah Komjen Syafruddin
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin meluncurkan buku bertajuk Pak Syaf (Empat Wajah Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin). Buku ini mengisahkan banyak perjalanan hidup dan karier Syafruddin.

"Buku inu berisi tentang pengabdian dan pemikiran," ujar Syafruddin dalam keterangan tertulisnya Jumat (30/8/2019).

Selain itu, buku tersebut berisi kisah dari berbagai posisi strategis yang pernah diemban pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan pada 12 April 1961. Buku ini menggambarkan empat wajah Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Syafruddin, mulai dari markas polisi, arena olahraga, dewan masjid, dan kabinet

Syafruddin mengabdi di institusi kepolisian selama 31 tahun. Setelah sempat menjabat sebagai orang nomor satu di Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol), Syafruddin memperoleh kepercayaan untuk menjabat sebagai Wakapolri.

Pak Syaf, begitu biasa disapa bertanggung jawab menangani berbagai persoalan kebangsaan. Dari berbagai pernyataan yang disampaikan ke publik, terlihat kematangan kiprah panjang disertai wawasan penguasaan masalah yang mendalam.

Di tengah kesibukannya di kepolisian, Syafruddin ditunjuk sebagai Ketua Kontingen atau Chief de Mission (CdM) Indonesia pada ajang Asian Games 2018 yang dihelat di Jakarta dan Palembang. Pak Syaf berhasil membawa kontingen Indonesia meraih sukses prestasi dengan berada pada posisi empat besar dalam ajang olahraga terbesar di benua Asia.

Dia juga terlibat aktif di pengurusan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dengan ketuanya Jusuf Kalla. Pak Syaf menjalankan amanah untuk mengembangkan visi DMI yaitu memakmurkan masjid dan dimakmurkan masjid. Sebagai Waketum DMI, perannya sangat penting dalam menjaga kerukunan umat Islam dan memajukan kesejahteraan melalui masjid.

Pada tanggal 15 Agustus 2018, Presiden Jokowi menunjuk Syafruddin menjadi Menpan RB. Pak Syaf mendapatkan amanat untuk menyelesaikan berbagai program dan target terkait masalah PNS dan mengawal perjalan reformasi birokrasi di negeri ini.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4244 seconds (0.1#10.140)