2 Komjen Polisi Aktif Lulusan Non Akpol, Sama-sama Pernah Jadi Kapolda

Rabu, 07 Agustus 2024 - 16:53 WIB
loading...
2 Komjen Polisi Aktif...
Ada 2 nama Komjen Polisi aktif yang diketahui berasal dari lulusan non Akpol, salah satunya Komjen Pol Ahmad Luthfi, mantan Kapolda Jateng yang kini menjabat Irjen Kemendag. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada 2 nama Komjen Polisi aktif yang diketahui berasal dari lulusan non Akpol. Keduanya sama-sama pernah menjabat Kapolda .

Komjen Pol merupakan salah satu pangkat dalam kategori Perwira Tinggi (Pati) Polri setara bintang 3 atau posisinya lebih tinggi setingkat dari Irjen Pol.



Saat ini, ada belasan Komjen Polisi aktif yang bertugas di Polri. Dari sekian nama, ada dua di antaranya yang berasal dari lulusan non Akpol. Siapa saja?

Komjen Polisi Aktif Lulusan Non Akpol

1. Komjen Pol Ahmad Luthfi

Ahmad Luthfi bertugas sebagai Irjen Kementerian Perdagangan (Irjen Kemendag). Mantan Kapolda Jateng ini baru dipromosikan menjadi Irjen Kemendag menggantikan Veri Anggrijono akhir Juli 2024.

Promosi jabatan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST 1554/VII/KEP/2024. Atas penunjukannya tersebut, pangkatnya menembus bintang 3 atau Komjen Polisi.

Ahmad Luthfi lahir di Surabaya, 22 November 1966. Pada riwayatnya, dia lulusan Sepa Milsuk Polri 1989.

Melihat sepak terjangnya di Polri, Luthfi cukup lama bertugas di Jateng. Dia pernah menjabat Kapolres Batang (2008), Wadir Intelkam Polda Jateng (2010), Wakapolresta Surakarta (2011), hingga Kapolresta Surakarta (2015).

Sekitar dua tahun memimpin wilayah hukum Kota Solo, Luthfi ditunjuk menjadi Analis Kebijakan Madya bidang Sosbud Baintelkam Polri. Pada 2018, dia kembali ke Jawa Tengah menjadi Wakapolda Jateng.

Lebih dari 2 tahun bertugas, Luthfi dipromosikan menjadi Kapolda Jawa Tengah. Saat itu, dia menggantikan Rycko Amelza Dahniel

Empat tahun lebih menjadi Kapolda Jateng, Luthfi kembali mendapatkan promosi. Pada mutasi dan rotasi Polri akhir Juli 2024, dia ditugaskan di luar struktur Polri sebagai Irjen Kemendag.

2. Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho

Berikutnya ada nama Rudy Heriyanto Adi Nugroho. Saat ini, dia aktif menjabat Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)