Wisudawan IPDN Diingatkan untuk Jangan Dekati Korupsi

Senin, 05 Agustus 2019 - 15:54 WIB
Wisudawan IPDN Diingatkan untuk Jangan Dekati Korupsi
Wisudawan IPDN Diingatkan untuk Jangan Dekati Korupsi
A A A
SUMEDANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menghadiri prosesi wisuda di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Di hadapan 980 wisudawan, Tjahjo mengingatkan, agar menjauhi area-area rawan korupsi.

Peringatan ini dilakukannya mengingat lulusan IPDN ini dipastikan akan bekerja di instansi pemerintah baik pusat maupun daerah. "Saya pesan, jauhi area rawan korupsi," kata Tjahjo di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin (5/8/2019).

Tjahjo mengatakan, ada beberapa area yang sering kali membuat para kepala daerah ataupun aparatur sipil negara (ASN) terjerat korupsi. Menurutnya ini menjadi tantangan tersendiri, sehingga perlu untuk saling mengingatkan.

"Hati-hati pada pada penyalahgunaan wewenang, hati-hati pada perencanaan anggaran, pada jual beli jabatan, mekanisme pengadaan belanja barang dan jasa. Ini semua harus diperhatikan," ungkapnya.

Mantan Anggota DPR itu juga meminta para lulussan IPDN, ikut menangkal radikalisme terorisme. Menurutnya hal ini bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI/Polri saja.

"Tapi tanggung jawab Anda dan kita semua. Masih soal musuh bangsa dan musuh generasi ini adalah juga bahaya narkoba. Tolong ingatkan diri sendiri dan lingkungan sekitar agar tidak terjebak dengan masalah ini," ujar dia.

Dia juga mengingatkan, agar para lulusan tidak terjebak dalam bahaya narkoba. Selain itu dia meminta ketika menjadi aparatur pemerintah harus mampu menuntaskan ketimpangan sosial.

"Masih ada angka kematian ibu hamil, gizi anak, stunting, dan masalah-masalah lain harus diperhatikan dengan baik," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5654 seconds (0.1#10.140)