Mantan Kapolda Jawa Barat yang Raih Puncak Karier hingga Komjen Pol, Nomor 9 Nyaris Tewas Ditembak Teroris di Poso

Rabu, 31 Juli 2024 - 06:44 WIB
loading...
A A A
Mantan Kapolda Jawa Barat yang Raih Puncak Karier hingga Komjen Pol, Nomor 9 Nyaris Tewas Ditembak Teroris di Poso

2. Komjen Pol (Purn) Susno Duadji

Pria kelahiran Pagar Alam, Sumatera Selatan (Sumsel) pada 1 Juli 1954 ini juga tercatat sebagai Perwira Tinggi (Pati) yang mengakhiri masa tugasnya di Polri dengan pangkat terakhir Komjen Pol.

Selama mengabdi di Korps Bhayangkara, lulusan Akpol 1977 yang berpengalaman di bidang Reserse ini banyak menduduki jabatan penting di institusi Polri. Dia mengawali kariernya sebagai Pama Polres Wonogiri. Kemudian Kabag Serse Polwil Banyumas, Wakapolres Pemalang, Wakapolresta Yogyakarta, dan Kapolres Maluku Utara.

Susno juga pernah ditugaskan sebagai Hubinter Sdeops Polri (Penugasan di Bosnia), kemudian dimuasi menjadi Kapolres Madiun, selanjutnya Kapolres Malang, Wakapolwitabes Surabaya, Wakasubdit Gaptid Dit Sabhara Polri dan Kabid Kordilum Babinkum.

Kariernya terus meningkat, Susno kemudian diangkat menjadi Kabid Rabkum Div Binkum Polri, Pati Yanma Polri (Wakil Kepala PPATK) dan Kapolda Jawa Barat pada 2008. Tak sampai setahun menjabat sebagai orang nomor satu di Polda Jabar, kariernya semakin moncer.

Susno kemudian mendapat promosi jabatan menjadi Kabareskrim Polri selam setahun pada 2008-2009. Perseteruannya dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga memunculkan istilah Cicak Vs Buaya membuatnya dimutasi menjadi Pati Mabes Polri (Non Job), kemudian Penasehat Koorsahli Kapolri hingga purna tugas.

Meski sudah pensiun, Susno Duadji kerap diminta pendapatnya terkait kasus yang ramai menjadi perbincangan publik seperti, kasus pembunuhan oleh Irjen Pol Ferdy Sambo, kasus dugaan korupsi Tol Mohammed Bin Zayed (MBZ) dan kasus dugaan pembunuhan Ekky dan Vina Cirebon.

Mantan Kapolda Jawa Barat yang Raih Puncak Karier hingga Komjen Pol, Nomor 9 Nyaris Tewas Ditembak Teroris di Poso

3. Komjen Pol (Purn) Suparni Parto

Lulusan Akpol 1980 ini juga merupakan Pati Polri yang purna tugas dengan pangkat terakhir Komjen Pol. Pria kelahiran Magetan, Jawa Timur 7 September 1956 ini berpengalaman di bidang Intelijen.

Selama mengabdi di Korps Bhayangkara, dia pernah menjabat sebagai Kanit IPP Dit IPP Polda Nusra, kemudian Kabag IPP Dit. IPP Polda Nusra, Wakapolres Tabanan, Wakapolres Badung, dan Kabag Pammasbang Dit. IPP Polda Kaltim.

Selanjutnya dia dimutasi menjadi Kadit Intelkam Polda Bengkulu, Dirintelkam Polda Bengkulu, Dirintelkam Polda Sulsel, dan Kabag Binwattag Pusdalops Sdeops Mabes Polri. Selanjutnya diangkat menjadi Dirintelkam Polda Metro Jaya, Kapolda Sulteng.

Kariernya semakin moncer, dia diangkat menjadi Dir. A Baintelkam Mabes Polri, Staf Ahli Kepala BIN Bidang Ideologi, Kapolda Jabar pada 2010. Setahun menjabat, dia angkat menjadi Wakabaintelkam Polri dan puncaknya sebagai Kabaintelkam Polri pada 2013 hingga purna tugas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)