Mantan Kapolda Jawa Barat yang Raih Puncak Karier hingga Komjen Pol, Nomor 9 Nyaris Tewas Ditembak Teroris di Poso

Rabu, 31 Juli 2024 - 06:44 WIB
loading...
Mantan Kapolda Jawa...
Deretan Mantan Kapolda Jawa Barat yang meraih puncak karier hingga Komisaris Jenderal (Komjen Pol). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Kapolda Jawa Barat yang meraih puncak karier hingga Komisaris Jenderal (Komjen Pol) menarik diulas. Pasalnya, para Perwira Tinggi (Pati) Polri dengan pangkat bintang tiga tersebut banyak mewarnai perjalanan Korps Bhayangkara.

Selama mengabdi, mereka menduduki sejumlah jabatan penting dan strategis di institusi tersebut. Bahkan beberapa di antaranya hingga kini masih aktif memberikan masukan terhadap kemajuan Polri.



Berdasarkan data yang dihimpun SINDOnews, Rabu (31/7/2024), tercatat ada 9 mantan Kapolda Jawa Barat yang puncak kariernya di kepolisian sampai bintang tiga.

Berikut ini nama-nama Kapolda Jawa Barat yang berkarier hingga pangkat Komjen Pol:

Mantan Kapolda Jawa Barat yang Raih Puncak Karier hingga Komjen Pol, Nomor 9 Nyaris Tewas Ditembak Teroris di Poso

1. Komjen Pol (Purn) Sjachroedin Zainal Pagaralam

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1970 ini merupakan mantan Kapolda Jawa Barat yang mengakhiri pengabdiannya di Polri dengan pangkat terakhir Komjen Pol.

Jenderal Polisi kelahiran Tanjung Karang, Lampung pada 7 Februari 1947 pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di Polri. Antara lain, Dansat Lantas Polda Sumbagsel, Kapolres Lampung Selatan dan Bandar Lampung, kemudian Sesdit Lantas Polda Jabar.

Selanjutnya dia diangkat menjadi Wakapolwiltabes Bandung Polda Jabar, kemudian Kapoltabes Palembang Polda Sumbagsel, Direktur Samapta Polda Metro Jaya, Kapolwil Bogor Polda Jabar, Wakapolda Sumsel dan Ketua Inkoppol/Primkoppol.

Kariernya terus meningkat, lululusan PTIK Angkatan XIII kemudian diangkat menjadi Inspektur Pembinaan (Irbin) Itjen Polri, Staf Ahli Kapolri Bidang Manajemen, Direktur Samapta Babinkam Polri, dan Kapolda Sumatera Selatan.

Lulusan Sespimpol ini kemudan dimutasi menjadi Kapolda Jawa Barat selama setahun pada 2000-2001. Sjachroedin yang juga lulusan pendidikan Sesko ABRI Angkatan VIII kemudian diangkat menjadi Deputi Kapolri Bidang Operasi.

Selain di institusi Polri, lulusan Lemhamas KSA VII ini juga pernah menduduki jabatan sipil seperti Gubernur Lampung selama dua periode yakni 2003-2008 dan 2009-2014. Termasuk pernah menjadi Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kroasia pada 2017-2021.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)