alexametrics

Jokowi Minta Perwira TNI-Polri Siap Hadapi Perubahan Zaman

loading...
Jokowi Minta Perwira TNI-Polri Siap Hadapi Perubahan Zaman
Presiden Jokowi meminta perwira TNI/Polri siap menghadapi perubahan zaman yang begitu cepat. Foto/dita angga.
A+ A-
JAKARTA - Presiden Jokowi meminta perwira TNI/Polri siap menghadapi perubahan zaman yang begitu cepat. Pasalnya, tantangan ke depan semakin berat dimana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat cepat.

"Revolusi industri 4.0 telah melahirkan banyak teknologi baru. Teknologi mengubah cara-cara hidup masyarakat dunia. Media sosial telah mengubah cara kita berkomunikasi dan berinteraksi. Ada baiknya, tapi banyak juga risiko-resikonya," kata Jokowi saat melantik 781 perwira TNI/Polri di Halaman Istana Merdeka, Selasa (16/7/2019)..

Jokowi mengatakan teknologi memang semakin mempermudah tugas-tugas di dunia militer dan kepolisian. Tetapi di saat yang sama juga menimbulkan jenis-jenis kejahatan baru yang menjadi tantangan bersama. Menurut dia, kecepatan, kompleksitas, dan ketidakterdugaan adalah ciri baru dari dunia internasional yang berlangsung saat ini.



Untuk itu, cara menghadapi tantangan juga berubah di mana masing-masing perwira harus mengikuti dan mengejar perkembangan zaman. "Di dunia kemiliteran pasti terjadi perkembangan yang luar biasa dalam startegi, taktik, dokrin dan sistem persenjataan. Di dunia kepolisian juga harus semakin canggih dalam memberantas kejahatan digital, penegakan hukum, pemeliharaan keamanan dan ketertiban serta perlindungan. Termasuk pelayanan kepada masyarakat. Semua harus dihadapi dengan respons yang cepat," jelasnya.

Selain penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan, Jokowi juga meminta agar para perwira memiliki mental tanggap, cepat dan cerdas. Selain itu, juga harus memiliki karakter kebangsaan yang kokoh menjaga NKRI dan Pancasila.

"Tanggung jawab saudara-saudara sangat besar. Saudara-saudara harus terus melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi-ideologu luar. Saudara harus menjaga Bhineka Tunggal Ika, menjaga toleransi terhadap perbedaan antar anak bangsa. Saudara harus terus menjaga persatuan dalam keberagaman Indonesia," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengucapkan selamat kepada semua perwira yang dilantik. Para perwira telah menuntaskan pendidikan tersebut dilantik berdasarkan Keppres No.53/TNI Tahun 2019 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi TNI menjadi Perwira TNI dan Keppres No 54/Polri Tahun 2019 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Kepolisian Menjadi Perwira Kepolisian.

"Gemblengan untuk saudara-saudara juga sangat lah hebat. Gemblengan yang membuat ketahanan mental dan fisik saudara menjadi prima. Menjadikan saudara-saudara sebagai putra/putri terbaik bangsa Indonesia. Karena itu saya sekali lagi mengucapkan selamat dan sukses. Saya bangga bisa melantik saudara-saudara para ksatria muda," paparnya.

Jokowi juga mengingatkan agar jangan sampai mengecewakan orang tua maupun bangsa dan negara saat menjalankan tugas sebagai perwira TNI/Polri. Apalagi tugas yang menanti adalah menjaga masa depan bangsa. "Kejayaan Indonesia sudah ada di depan mata tetapi harus diraih dengan kerja keras dan kerja cerdas. Masa depan yang penuh harapan tapi juga penuh dengan tantangan besar," ungkapnya.
(sco)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak