Skandal Impor Beras Berpotensi Bebani Devisa Negara

Jum'at, 19 Juli 2024 - 19:41 WIB
loading...
Skandal Impor Beras...
Skandal mark up impor beras Bapanas-Bulog Gate 2024 akan membebani devisa negara. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Skandal mark up impor beras Bapanas-Bulog Gate 2024 akan membebani devisa negara. Apalagi di tengah melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS).

Ekonom Pergerakan Kedaulatan Rakyat (PKR) Gede Sandra menilai kebijakan ugal-ugalan impor beras Bapanas dan Bulog tidak mengantarkan kebaikan untuk rakyat. Hal tersebut disampaikan Gede menanggapi skandal mark up impor beras Bapanas-Bulog Gate yang berpotensi membuat negara rugi hingga Rp8,5 triliun.



Kasus ini juga telah dilaporkan Studi Demokrasi Rakyat (SDR) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Banyaknya impor dengan kurs yang semakin lemah akan menguras devisa sekaligus mengurangi pertumbuhan ekonomi,” ujar Gede, Jumat (19/7/2024).

Dia menagih pertanggung jawaban Bapanas-Bulog terkait potensi terbebaninya devisa dan melambatnya pertumbuhan ekonomi imbas skandal mark up impor beras. Gede meminta Bapanas dan Bulog dapat bertanggung jawab di hadapan hukum.

Bapanas dan Bulog pimpinan Arief Prasetyo Adi dan Bayu Krisnamurthi juga harus dapat menjawab secara gamblang tudingan dari keterlibatan skandal mark up dengan nilai kerugian mencapai Rp8,5 triliun.

“Bulog dan Bapanas harus menjawab potensi mark up impor beras yang dituduhkan banyak pihak,” ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif SDR Hari Purwanto membeberkan fakta terbaru dari skandal mark up impor beras. SDR telah melaporkan skandal mark up impor beras Bapanas-Bulog Gate 2024 ke KPK.

Bulog juga mengimpor beras dengan harga rata-rata USD655/MT CIF Indonesia. Hal ini merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) Maret 2024.

“Jika merujuk data BPS yang mencatat pada Maret 2024 Indonesia sudah mengimpor beras sebanyak 567,22 ribu ton atau senilai USD371,60 juta. Berarti Bulog mengimpor beras dengan harga rata-rata USD655/MT CIF Indonesia,” ungkapnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)