Saksi Ahli KPU: Yang Sering Dipermasalahkan Itu Situs Situng

Kamis, 20 Juni 2019 - 14:28 WIB
Saksi Ahli KPU: Yang Sering Dipermasalahkan Itu Situs Situng
Saksi Ahli KPU: Yang Sering Dipermasalahkan Itu Situs Situng
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya menghadirkan seorang Saksi Ahli, Marsudi Wahyu Kisworo dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini. Marsudi merupakan Ahli bidang Teknologi Informasi (IT) atau Profesor Ilmu Komputer.

Mengawali keterangannya, Marsudi memaparkan mengenai Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU. Menurut Marsudi, yang sering dipersoalkan adalah situs atau website Situng.

"Yang sering dipermasalahkan itu bukan Situng, itu adalah web atau situs dari Situng yang ada di pemilu2019.kpu.go.id," ujar Marsudi dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2019 di MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2019).

Dia menjelaskan, Situng yang sesungguhnya ada di dalam KPU atau sistem intranet di dalam penyelenggara pemilu itu. Sehingga, kata dia, Situng itu hanya bisa diakses dari dalam KPU.

"Sebegian dari informasi yang ada Situng di dalam ini kemudian divirtualisasikan, kalau istilah IT-nya divirtualisasikan, soalnya dibuat cerminannya yang berupa website Situng yang kita lihat itu," katanya.

Akan tetapi, kata dia, Situng dengan situs Situng memiliki karakteristik yang berbeda.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7005 seconds (0.1#10.140)