Menteri Siti Bertemu Wamenlu Norwegia, Tegaskan Komitmen RI dalam Agenda Iklim

Minggu, 30 Juni 2024 - 17:29 WIB
loading...
Menteri Siti Bertemu Wamenlu Norwegia, Tegaskan Komitmen RI dalam Agenda Iklim
Menteri LHK Siti Nurbaya bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Norwegia, Andreas Motzfeldt Kravik di kantornya, Oslo, Rabu (26/6/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
OSLO - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Norwegia, Andreas Motzfeldt Kravik di kantornya, Oslo, Rabu (26/6/2024). Acara ini digelar sela-sela penyelenggaraan Oslo Tropical Forest Forum (OTFF) di Norwegia.

Pertemuan membahas upaya bersama dalam mengimplementasikan kebijakan FOLU Net Sink 2030. Pertemuan ini menegaskan kembali komitmen kuat kedua negara dalam menjaga kelestarian hutan tropis dan mengatasi tantangan lingkungan global.

Sebelum melanjutkan diskusi, Menteri Siti Nurbaya menyampaikan apresiasinya terhadap Oslo Tropical Forest Forum. Dia menekankan bahwa forum ini menunjukkan komitmen kuat Norwegia dalam melestarikan hutan tropis.

“Saya percaya melalui kolaborasi dan dialog, forum ini memainkan peran penting dalam mempromosikan peran kritis hutan tropis dalam konservasi keanekaragaman hayati, pengaturan iklim, dan mendukung mata pencaharian jutaan orang di seluruh dunia,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Siti menegaskan kemajuan kemitraan antara Indonesia dan Norwegia di sektor lingkungan dan kehutanan. “Sejak pertemuan terakhir kita di Indonesia pada 30 April 2024, Anda mungkin telah menyaksikan komitmen Indonesia dalam mengurangi deforestasi dan mendorong pencapaian FOLU Net Sink 2030,” tambahnya.

Sejak penandatanganan MoU baru pada bulan September 2022 tentang Kemitraan dalam Mendukung Upaya Indonesia Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca dari Kehutanan dan Penggunaan Lahan Lainnya, serta penyaluran Result Based Contribution (RBC) atau kontribusi berbasis hasil sebesar USD 156 juta, mencerminkan pencapaian Indonesia dalam mengurangi emisi dari deforestasi dan degradasi hutan. Saat ini RBC tahap kedua dan ketiga sedang dalam proses pendistribusian kepada para pelaksana di Indonesia melalui mekanisme Dana Lingkungan Hidup.

Setelah melalui tahap Pertama Kontribusi Berbasis Hasil/Result Based Contributions (RBC), tahap kedua dan ketiga RBC sedang dalam proses distribusi kepada para pelaksana di Indonesia melalui mekanisme Dana Lingkungan Indonesia. Selanjutnya, diskusi mengenai tahap keempat sedang berlangsung. ”Kami berterima kasih kepada Norwegia atas dorongan untuk lebih efektif. Kita bersama-sama berusaha mewujudkan MoU ini dan mencapai tujuannya,” jelasnya.

Pertemuan kali ini juga menyoroti semangat kemitraan setara dan saling menghormati antara Indonesia dan Norwegia, yang dapat menunjukkan kepemimpinan ambisius dalam mencapai tujuan Perjanjian Paris dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, serta terlibat dalam kerangka keanekaragaman hayati global pasca-2020.
Menteri Siti Nurbaya menutup pertemuan dengan menyampaikan terima kasih atas kepemimpinan dan partisipasi semua pihak yang terlibat.

“Pertemuan kita telah memperkuat kemitraan yang kokoh antara Indonesia dan Norwegia, menyoroti komitmen bersama kita dalam menghadapi tantangan lingkungan dan iklim yang mendesak. Mari kita pertahankan momentum yang telah kita bangun. Saya menantikan kemitraan kita yang berkelanjutan dan dampak positif yang akan kita capai bersama,” tutupnya.

Wakil Menteri Kravik sempat menanyakan keberlanjutan agenda iklim yang selama ini dipimpin Presiden Joko Widodo. Menteri Siti menjelaskan, Presiden terpilih juga merupakan anggota kabinet Presiden Joko Widodo saat ini. Dirinya menyakini, program-program dan tujuan pemerintahan yang terkait dengan lingkungan tidak akan bergeser.

Wakil Menteri Kravik berkelakar dia akan kembali mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat. Dia juga ingin mengunjungi Kementerian LHK, dengan kondisi apabila Menteri Siti yang kembali memimpin. Seketika semua yang hadir di dalam ruangan tertawa mendengar kelakar Kravik.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)
pixels