Buntut Pusat Data Nasional Jebol, Kepala BSSN hingga Menkominfo Menghadap Jokowi

Jum'at, 28 Juni 2024 - 15:26 WIB
loading...
Buntut Pusat Data Nasional Jebol, Kepala BSSN hingga Menkominfo Menghadap Jokowi
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6/2024). Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian hingga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6/2024). Mereka dipanggil untuk membahas serangan siber terhadap server Pusat Data Nasional (PDN).

Hinsa mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut akan dilakukan evaluasi mengenai serangan siber pada PDN. "Ya (Rapat) terkait kemarinlah, yang pasti akan melakukan evaluasi," kata Hinsa di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Terpisah, Menkominfo Budi Arie secara terburu-buru tidak mau membeberkan hal apa saja yang akan dibahas dengan Presiden Jokowi. “Abis ini (rapat) ya,” kata Budi sambil bergegas menuju Istana.





Selain Budi, hadir juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PAN RB Azwar Anas, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh, dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Diketahui sebelumnya, server Pusat Data Nasional (PDN) mengalami serangan siber sejak Kamis (20/6/2024). Komisi I DPR merekomendasikan kepada Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Kepala BSSN Hinsa Siburian segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) Nasional dan Krisis Center Terpadu dalam menyikapi gangguan server Pusat Data Nasional (PDN).

Sudah sepekan lebih server PDN diserang Ransomware dan hingga saat ini sepenuhnya bisa ditangani. Desakan tersebut merupakan kesimpulan dalam Rapat Kerja (Raker) antara Komisi I DPR bersama Menkominfo dan Kepala BSSN yang selesai pada Kamis (27/6/2024) malam.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)
pixels