3 Fakta Anggota TNI Membelot Gabung OPM

Kamis, 20 Juni 2024 - 10:33 WIB
loading...
3 Fakta Anggota TNI Membelot Gabung OPM
Danis Murib yang membelot gabung OPM sebelumnya merupakan Anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya. Dia meninggalkan pos sejak 14 April 2024. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Oknum TNI gabung OPM kembali terjadi di tahun 2024. Hal itu terbukti setelah ada prajurit desertir yang tewas dalam operasi TNI saat memburu pimpinan Organisasi Papua Merdeka (OPM) Undius Kogoya.

Komandan Satgas Media KOOPS HABEMA, Letkol Arh Yogi Nugroho dalam keterangan tertulis menyebutkan identitas prajurit desertir itu bernama Danis Murib. Oknum TNI yang gabung OPM ini meninggal setelah tertembak oleh pasukan gabungan TNI di Kampung Bibida.

Selain Danis Murib, terdapat pula anggota OPM lain yang tewas dalam baku tembak tersebut. Hal ini sekaligus menambah daftar panjang oknum TNI yang gabung ke OPM.



Terkait Danis Murib yang membelot ke OPM, telah muncul beberapa fakta yang terungkap. Selain itu, ada pula fakta tentang oknum TNI yang telah membelot ke Organisasi Papua Merdeka.

3 Fakta Menarik TNI Gabung OPM

1. Berpangkat Prajurit Dua

Danis Murib yang telah membelot ke OPM sebelumnya merupakan Tamtama TNI berpangkat Prajurit Dua (Prada). Pangkat ini merupakan yang terendah dalam jajaran pangkat TNI Angkatan Darat.

Danis Murib juga merupakan Anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya, yang tengah melaksanakan tugas operasi militer di Papua.

2. Meninggalkan Pos ada April 2024

Menurut keterangan dari Komandan Satgas Media KOOPS HABEMA, Letkol Arh Yogi Nugroho, "Danis Murib telah melaksanakan Kelana Yudha dengan meninggalkan Pos Moanemani Baru di wilayah Distrik Kamu Kabupaten Dogiyai Provinsi Papua Tengah, pada tanggal 14 April 2024 pukul 10.20 WIT."

Setelah meninggalkan pos ini Danis tidak kembali lagi, dan diduga sejak saat itulah dirinya telah bergabung dengan OPM.


3. Tujuh Oknum TNI Membelot ke OPM

Sejak 1970, tercatat tujuh oknum TNI yang membelot ke OPM. Berikut ini nama-nama oknum TNI yang gabung OPM beserta tahun bergabungnya.

- Seth Jafeth Rumkorem, mantan Anggota Kostrad yang gabung OPM tahun 1970-an. Dia dinyatakan meninggal pada 12 Oktober 2010.

- Elieser Awom, mantan Resimen 12 Irian Barat yang gabung OPM tahun 1984. Dia dinyatakan meninggal pada 15 Juni 2018.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2846 seconds (0.1#10.140)
pixels