Mahfud MD Harap Prabowo Benahi Bobroknya Penegakan Hukum di Indonesia

Selasa, 11 Juni 2024 - 23:38 WIB
loading...
Mahfud MD Harap Prabowo Benahi Bobroknya Penegakan Hukum di Indonesia
Menko Polhukam Mahfud MD mengharapkan, presiden terpilih Prabowo Subianto membenahi bobroknya penegakan hukum di Indonesia. Foto/SINDOnews/binti mufarida
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengharapkan, presiden terpilih Prabowo Subianto yang akan dilantik dalam beberapa bulan lagi bisa membenahi bobroknya penegakan hukum di Indonesia.

Pasalnya, kata Mahfud, Presiden mempunyai perintah tegas kepada bawahannya yakni para pimpinan Kementerian maupun Lembaga untuk menegakkan hukum. Apalagi, Presiden punya hak prerogatif bisa memberhentikan sewaktu-waktu bawahannya jika tidak bisa menyelesaikan masalah.

“Ya, pimpinan. Kalau misalnya seorang menteri tidak mampu, Presiden perintahkan. Kan takut bawahannya, menteri itu. Kan sudah saya bilang, ini dari Presiden lho, kan bisa. Makanya, menteri saya (Presiden) beri tugas ini, ini, ini, tiga bulan clear masalahnya aja, tidak harus selesai, clear masalahnya begini Pak, cara penyelesaian, ya sudah, teruskan,” ujar Mahfud lewat YouTube pribadinya, Senin (11/6/2024) malam.



“Kalau tidak mampu berarti ndak tepat dong Anda di situ, mungkin Anda ikut terlibat, mungkin Anda ikut main, mungkin Anda takut. Saya ngeri lho, hukum, penegakan hukum kita itu kayak gitu sekarang,” tambah Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud mengatakan negara saat ini sedang berada dalam bahaya oleh permainan hukum para mafia. Bahkan, Mahfud menyebut aparat bobrok yakni menjadikan tersangka orang tidak bersalah.



“Negara ini sedang bahaya oleh permainan hukum para mafia kemudian aparat-aparat bobrok, yang lebih gila lagi apa? Kalau ada kalau ada misalnya kasus. Saya pernah ada kasus orang tidak bersalah ditetapkan, disidik, dijadikan tersangka penyidikan, saya panggil satu-satu, nggak salah orang ini,” ujarnya.

Mahfud mengaku mengenal Prabowo yang memiliki sifat tegas serta melihat pengalamannya akan bisa membenahi penegakan hukum di Indonesia. “Saya punya apa, pengalaman mengenal Pak Prabowo sejauh yang saya kenal, kita bisa berharap Pak Prabowo melakukan itu. Karena sebenarnya dia tegas untuk hal-hal seperti ini,” katanya.

Apalagi, kata Mahfud, Prabowo merupakan sosok yang nasionalis dan sangat mencintai negara. Sehingga, diharapkan Prabowo yang akan segera dilantik menjadi presiden adalah bagaimana menegakkan hukum.

“Tentu setiap orang ada kekurangannya tapi untuk hal-hal seperti itu, dia tuh seorang nasionalis, pecinta negara ini dan tahu mencintai negara ini yang paling penting adalah bagaimana menegakkan hukum dalam keadaan sekarang. Kalau dulu mencintai negara berperang kan, bawa bambu runcing, sekarang menegakkan hukum itu yang paling penting,” katanya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)
pixels