Paradoks Bali dan Seniman Agus Saputra

Minggu, 09 Juni 2024 - 19:00 WIB
loading...
Paradoks Bali dan Seniman Agus Saputra
Seniman muda I Made Agus Saputra berupaya memanggungkan Bali dalam lukisan-lukisannya. Foto-foto: Istimewa
A A A
SENIMAN muda I Made Agus Saputra berupaya memanggungkan Bali dalam lukisan-lukisannya yang menggambarkan tegangan sejarah kolonial, kegalauannya dengan paradoks nilai-nilai lokal vis a vis global serta ledekannya tentang Bali saat ini. Isu-isu substansial tentang itu, cukup tergambarkan secara apik dalam lukisan-lukisannya.

baca juga: Seniman Bali Hadirkan Lukisan Bertema Catharsis di Fashion Jeans

Agus memanggungkan solo show-nya di CG Artspace, bulan Juni ini, dan memulai debutnya melukis kembali ke arah pola-pola azali karakternya, yakni representasi lukisan realis-komikal yang dalam perspektif spasial kanvas, menimba inspirasi gaya klasik Batuan Bali yang padat sekujur kanvas lukisan. Ia sejak akhir 2019 telah menanggalkan ekspresi-ekspresi lukisan abstraktifnya.

Agus menggali secara personal tentang Bali yang penuh paradoks, semisal dalam wawancara dengan penulis, ia menyebut wisatawan mancanegara, terutama dari Barat acapkali bertingkah aneh. Satu waktu, wisman itu dengan uniknya menggelar alas Yoga dan memulai aktifitas gerak tubuh di tengah jalan. Tentu saja mengganggu para pengguna jalan yang lain.

Di lain waktu, ia menyaksikan sekelompok “bule” yang menurut Agus, menyerobot lampu merah lalu-lintas bersama iringan motor dengan gaya zig-zag dengan rileksnya, tanpa merasa bersalah. Agus merasakan paradoks tentang Bali terang-benderang terasa.

Saat sama ia menyaksikan banyak “bule” yang peduli dengan sampah, menjadi relawan “pembersih kota dadakan”, yang mereka juga sangat perhatian pada binatang-binatang, seperti anjing-anjing yang terlantar di jalan-jalan besar di Bali, yang membuat nyaman dan lansekap kota menjadi bersih.

Paradoks Bali dan Seniman Agus Saputra


“Yang paling parah, tentu munculnya kluster-kluster privat dan terisolasi, di area dan lahan tertentu di Bali, mereka seolah memiliki “istana-istana privat tersendiri” dengan membeli tanah-tanah di sana” terang Agus.

Namun Agus tak menampik, bahwa Bali terbantu pula oleh jumlah wisatawan yang semakin banyak datang. “Tentu saja keniscayaan modernisme membantu sekaligus mengkhawatirkan kerusakan ekologis pun tradisi yang ditanggalkan” ungkapnya.

Keluhan Agus dimulai puluhan tahun lampau dengan ramalan reportase Majalah LIFE edisi September 1937, mengomentari buku seniman yang tenar di kalangan seniman papan atas di Fifth Avenue, Manhattan, New York, Amerika Serikat, yakni José Miguel Covarrubias Duclaud, dengan Island of Bali menyebut:

“Bukanlah mistisme pun keelokan Bali yang membuat miris hati Covarrubias, tetapi di masa depan Pulau Dewata akan berantakan dibanjiri wisatawan yang akan berseberangan dengan budaya dan merusak peradaban lokal.”

Covarrubias seniman mural, ilustrator dan pelukis sekaligus seorang sejarawan seni pun etnolog kelahiran Meksiko yang mengenalkan Bali sebagai surga wisata eksotis dunia dengan sebutan Pulau Dewata.

Ia membuat tergila-gila orang-orang New York datang ke Bali, yang saat sama di tahun awal 30-an itu, ia bertemu tokoh ekspatriat seni lukis Bali, Walter Spies. Sang seniman multi-talenta perintis Pita Maha, yang merupakan kumpulan pelukis Bali dan para ekspatriat yang menemukan “modernisasi seni lukis” Bali.

Warisan Walter Spies dan Sabung Ayam

Sejarah kolonial, termasuk gaya pelukis Walter Spies yang “menggubah” paras seni lukis Bali zaman doeloe yang penuh mitos, dan wara cerita rakyat menjadi modern pun jadi sasaran dekonstruksi visual ala Agus.

Paradoks Bali dan Seniman Agus Saputra


Gaya Spies yang menggambarkan realitas sehari-hari, juga bentuk terasering persawahan, perawan-perawan telanjang dada serta atsmosfer matahari pagi yang membuncah, mendadak diplesetkan oleh Agus di partisi-partisi berupa lukisan dengan juluk “Taman Becik Pisan (After Spies)”, 2023 – 2024, panel #2 (Cover panel). Dengan cara “menyelundupkan” sosok-sosok tentara Belanda di antara kehidupan persawahan serta di ufuk timur muncul simbol Kincir Angin khas objek dari Belanda.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)
pixels