Debat Keempat Capres Kali Ini Terseru Dibandingkan Sebelumnya

Sabtu, 30 Maret 2019 - 23:06 WIB
Debat Keempat Capres Kali Ini Terseru Dibandingkan Sebelumnya
Debat Keempat Capres Kali Ini Terseru Dibandingkan Sebelumnya
A A A
JAKARTA - Debat capres keempat telah selessai digelar. Debat kali ini dinilai yang terseru dan terbaik dibandingkan debat-debat sebelumnya.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Jakarta, Hendri Satrio berpandangan, tema debat yang diangkat kali ini sangat menunjukkan leadership atau kepemimpinan masing-masing capres. Masyarakat dapat menilai kepemimpinan dari Jokowi maupun Prabowo lewat debat ini ada di level mana.

“Masyarakat akan menilai leadership kedua capres ini ada di mana. Apakah level wali kota, gubernur, atau presiden,” kata Hendri kepada SINDOnews di Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Hendri menilai, Prabowo selalu melihat masalah secara keseluruhan dan taktis. Sementara Jokowi terbiasa melihat sistem. Jokowi juga sering kali berbicara akan bagaimana sehingga rakyat akan mempertanyakan apa yang selama ini dilakukan.

Prabowo sangat terlihat pakai hati dalam tema ini karena beberapa kali terlihat emosional. Ini menjadi kelemahan sekaligus kekuatan Prabowo karena mempertanyakan komitmen hankam Jokowi sebagai presiden. “Kalau solusi ya gitu-gitu aja. Ciri khas debatnya juga masih sama, tanya apa jawabnya apa, nggak nyambung,” ujarnya.

Namun demikian, kata Hendri, debat malam ini masuk kategori debat terseru dari 4 rangkaian debat sebelumnya. Prabowo terlihat lebih berani menyerang pada debat kali ini. Mungkin saja Jokowi dengan kepercayaan diri Prabowo pada debat kali ini di mana semangat dan empatinya terkait isu-isu debat sangat terlihat sehingga membuat Jokowi agak tertekan. “Tapi overall keduanya luar biasa. Ini adalah show yang terbaik dari debat-debat yang pernah ada,” ucapnya.

Adapun penyelenggaraan debat, Hendri menambahkan, secara keseluruhan apa yang dilakukan KPU sudah bagus. Hanya saja, ada gangguan dari suara para pendukung yang sebenarnya sudah teratasi pada debat ke-3, namun malam ini justru muncul kembali. “Hanya saja yel-yel itu jadi bikin berisik. Debat ketiga sudah tenang tapi sekarang ada pendukung masuk jadi berisik lagi,” sesalnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4568 seconds (0.1#10.140)