Prabowo-Sandi Bakal Ambil Alih Ruang Udara Batam-Natuna dari Singapura

Kamis, 28 Maret 2019 - 19:41 WIB
Prabowo-Sandi Bakal Ambil Alih Ruang Udara Batam-Natuna dari Singapura
Prabowo-Sandi Bakal Ambil Alih Ruang Udara Batam-Natuna dari Singapura
A A A
JAKARTA - Pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Salahuddin Uno bakal mengambil alih ruang udara Batam dan Natuna dari Singapura jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024 nanti. Hal tersebut dipastikan oleh Juru Kampanye Nasional Prabowo-Sandi, Nizar Zahro.

"Pak Prabowo akan mengambil ruang udara yang sekarang diambil oleh Singapura," ujar Nizar Zahro usai menghadiri acara Gerindra Mendengar di Jalan Mulawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).

Dia pun menjelaskan akibat dari dikuasainya sebagian ruang udara Indonesia oleh Singapura itu. Yakni, berbagai pesawat dalam negeri harus minta izin kepada otoritas penerbangan Singapura jika hendak terbang dari Pulau Natuna ke Batam dan penerbangan-penerbangan lain di kawasan Selat Malaka yang notabenenya masih wilayah kedaulatan Indonesia sendiri.

"Itu harus dikembalikan ruang udara itu ke Indonesia. Sehingga ruang udara itu utuh, NKRI utuh laut udara dan darat," ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Timur XI itu.

Sekadar diketahui, Flight Information Region (FIR) sektor A yang mencakup Batam dan Natuna sudah dikuasai oleh Singapura sejak tahun 1946.

Kuasa Singapura atas wilayah langit Indonesia itu ditetapkan dalam pertemuan International Civil Aviation Organization (ICAO) di Dublin, Irlandia, pada Maret 1946.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4863 seconds (0.1#10.140)