Kepala BPPSDMP Kementan-Bupati Karawang Luncurkan BPP Kostratani

Kamis, 20 Agustus 2020 - 13:53 WIB
loading...
Kepala BPPSDMP Kementan-Bupati Karawang Luncurkan BPP Kostratani
BPPSDMP Kementan bersama Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, meluncurkan Kostratani di 2 BPP/UPTD, yaitu UPTD/BPP Kecamatan Ciampel dan UPTD/BPP Kecamatan Karawang Barat.
A A A
KARAWANG - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, bersama Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, meluncurkan Kostratani di 2 BPP/UPTD, yaitu UPTD/BPP Kecamatan Ciampel dan UPTD/BPP Kecamatan Karawang Barat.

Turut hadir para pejabat eselon II Lingkup BPPSDMP, yaitu Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian yang diwakili Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Kepala BBPP Lembang, Direktur Polbangtan Bogor.

Adapun pejabat yang mendampingi Bupati Karawang terdiri dari Kepala Dinas Pertanian Karawang dan Forkopimda Kabupaten Karawang. Turut hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang SDM serta para penyuluh pertanian se Kabupaten Karawang yang hadir melalui video conference.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap keberadaan Kostratani bisa dimaksimalkan insan pertanian di Karawang. "Kostratani hadir untuk membantu percepatan pembangunan pertanian. Karena di Kostratani petani bisa belajar, bisa berkonsultasi. Kostratani juga memiliki data dan informasi yang dibutuhkan petani untuk meningkatkan produksi," katanya.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi, mengapresiasi respons positif Bupati Karawang terhadap Kostratani. Menurutnya, pihaknya bangga dan tersanjung karena Bupati sangat mendukung program Kostratani untuk membangun SDM Pertanian di Kabupaten Karawang.

"Kami yakin dukungan dari Bupati dan seluruh SKPD di Kabupaten Karawang akan membuat program Kostratani ini untuk meningkatkan Kapasitas SDM Pertanian Kabupaten Karawang akan berhasil," katanya.

Dedi Nursyamsi juga menyampaikan bahwa peningkatan produktivitas akan mengikuti jika SDM Pertanian meningkat kapasitasnya. "Dengan sendirinya produksi di Kabupaten Karawang sebagai sentra produksi nasional juga akan meningkat. Kabupaten Karawang akan mengukuhkan dirinya sebagai Pusat Produksi Beras Nasional yang semakin tangguh," imbuhnya.

Dedi mengatakan, Kementerian Pertanian mengajak kepada seluruh penyuluh, petani serta petani milenial diseluruh BPP di Kabupaten Karawang untuk membangun bersama-sama sumber daya manusia dan pertanian. Serta, meningkatkan produktivitas pertanian untuk dijadikan Karawang sebagai ce excelend Produksi PAngan Nasional yang semakin tangguh.

Dedi berharap model BPP Kostratani di Karawang dapat menjadi contoh dan teladan bagi BPP diseluruh plosok tanah air.

"Untuk itu, petaninya termasuk petani milenial harus diberdayakan dan diberikan pelatihan-pelatihan baik secara konvensional maupun langsung dengan program Demplot, Sekolah Lapangan, Sistem Penangkaran dan sebagainya," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)