JK Ingatkan Pengelolaan Tapera Harus Transparan

Rabu, 29 Mei 2024 - 13:55 WIB
loading...
JK Ingatkan Pengelolaan Tapera Harus Transparan
Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengingatkan pengelolaan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) harus baik, jujur, dan transparan. Foto/Binti Mufarida
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengingatkan pengelolaan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) harus baik, jujur, dan transparan. Diketahui, gaji pegawai swasta akan dipotong sebesar 3% mulai 10 Juni 2024.

Namun, pemotongan ini menjadi polemik di kalangan masyarakat menengah ke bawah karena dianggap memberatkan. "Iya (transparan)," tegas JK kepada awak media usai menghadiri acara Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia di Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center, Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung, Rabu (29/5/2024).

Lebih lanjut, JK mengatakan bahwa Tapera bukan hal baru yang dimaksudkan agar setiap masyarakat punya rumah. Dia melanjutkan, Tapera merupakan semacam asuransi atau tabungan.

JK Ingatkan Pengelolaan Tapera Harus Transparan






"Itu bukan hal yang baru. Tapera itu sudah lama sebenarnya yang mungkin dihidupkan lagi, di bawah terutama di pegawai yang masih baru, mungkin masih kontrakan. Dia menabung untuk bermaksud setiap orang punya rumah. Itu semacam asuransi, tabungan," ujarnya.

JK pun memastikan Tapera bisa diambil secara cash jika tidak digunakan. "Itu kan dapat diambil kan. Cash, kalau tidak dipakai. Tabungan. Kita punya."

"Iya kalau tidak tentu tidak punya kesempatan untuk membeli rumah harga murah. Ini kan kebersamaan, pemerintah memberikan lahannya. Saya kira ini kesempatan siapa pun. Walaupun punya rumah ya, ambil cash-nya saja kembali," pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)
pixels