KPU: 4 Pakar Siap Jadi Calon Panelis Debat Ma'ruf-Sandi

Senin, 11 Maret 2019 - 13:20 WIB
KPU: 4 Pakar Siap Jadi Calon Panelis Debat Maruf-Sandi
KPU: 4 Pakar Siap Jadi Calon Panelis Debat Ma'ruf-Sandi
A A A
JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan mengatakan, lembaganya terus menyiapkan debat ketiga yang menghadirkan dua calon wakil presiden yakni KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga S Uno.

Menurut Wahyu, debat yang menyajikan isu kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya dalam tahap finalisasi.

Wahyu mengatakan, untuk informasi awal pihaknya akan melibatkan kalangan akademi yang berasal dari USU, Unsyiah Aceh dan Unhas termasuk kalangan atau pakar ketenegakerjaan, kesehatan dan pakar lainnya yang kompeten di bidang tersebut.

"Nama-namanya belum Kita sebutin karena belum final," kata Wahyu saat dihubungi, Senin (11/3/2019).

Wahyu menegaskan, nama-nama yang nantinya akan ditunjuk menjadi panelis debat merupakan usulan atau keputusan yang diambil secara murni oleh KPU. Menurut Wahyu, panelis akan ditentukan sesuai dengan perpaduan antara kalangan akademisi juga kalangan pemerhati dan profesi.

Sehingga menurut Wahyu, panelis dalam membuat materi debat tetap memperhatikan tataran ide atau gagasan yang disambungkan dengan praktikal. Dalam hal ini, Wahyu mengklaim para panelis yang dipilih akan menjaga independensi mereka.

"Nanti panelis setelah di tetapkan, juga seperti biasa akan menandatangani pakta integritas untuk menjaga kerahasiaan materi debat. Kemudian setelah panelis ditetapkan KPU juga merencanakan FGD," ujarnya.

(Baca juga: Banyak Keterbatasan, UU Narkotika Mendesak Direvisi)

Sementara itu, Komisioner KPU lainnya, Ilham Saputra menyatakan, persiapan debat yang mempertemukan antara Kiai Ma'ruf dan Sandi pada 17 Maret mendatang sudah mencapai 80 persen.

Ilham menjelaskan, para panelis yang disiapkan adalah yang sesuai dengan materi debat seperti Budayawan Radhar Panca Dahana serta aktivis dari Migran Care, Anis Hidayah. Di samping itu, juga akan melibatkan pakar pendidikan dan kesehatan.

"Kemudian untuk kesehatan ada beberapa ahli dari kampus yang sudah kita buatkan. Kita sedang dalam proses pembuatan SK-nya," ujar Ilham di Kantor KPU hari ini.

Ilham menegaskan, untuk format debat tak jauh berbeda dari debat yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Ilham mengatakan, khusus untuk calon panelis sebanyak 4 orang sudah mengkonfirmasi kepada Ilham menyatakan, siap menjadi panelis debat untuk Kiai Ma'ruf dan Sandi.

Berikut 4 nama calon panelis debat yakni:

Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof Dr Ir Samsul Rizal

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA

Sastrawan dan budayawan Indonesia, Radhar Panca Dahana

Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6216 seconds (0.1#10.140)