Menko Polhukam: Masih Terjadi Gangguan, Pilkada 2024 di Papua Perlu Perhatian Khusus

Selasa, 28 Mei 2024 - 20:39 WIB
loading...
Menko Polhukam: Masih Terjadi Gangguan, Pilkada 2024 di Papua Perlu Perhatian Khusus
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan, perlu dilakukan persiapan yang matang untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Papua. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam ) Hadi Tjahjanto mengatakan, perlu dilakukan persiapan penyelenggaraan yang matang untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Hadi menjelaskan, persiapan pelaksanaan pilkada tersebut perlu dilakukan, mengingat keamanan di wilayah Papua saat ini berjalan cukup dinamis. Sehingga, harus ada perhatian khusus terhadap situasi dan kondisi stabilitas politik, hukum, dan keamanan.

Selain itu, kata Hadi, diperlukan antisipasi terhadap berbagai potensi permasalahan dan kerawanan yang mungkin terjadi. Misalnya, terjadinya gangguan keamanan, hambatan fasilitasi seperti sarana dan prasarana, distribusi logistik, dan lain sebagainya.



"Diperlukan langkah strategis melalui sinergitas pemerintah, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, hingga masyarakat luas untuk menyukseskan Penyelenggaraan Pilkada 2024," katanya, Selasa (28/5/2024).

Adapun penyelenggaraan pilkada di Papua akan dilaksanakan di Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.



Tahapan Pilkada 2024 telah dimulai dengan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan yang dilaksanakan pada 5 Mei lalu sampai dengan 19 Agustus 2024. Selanjutnya, seluruh tahapan akan terus bergulir hingga pelaksanaan pemungutan suara dan ditutup dengan penghitungan suara.

"Kita tentunya mengharapkan dalam setiap tahapan Pilkada 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman serta tidak ada kendala apa pun dalam pelaksanaannya," ucapnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)
pixels