UMKM: Katalisator Ekonomi Indonesia?

Senin, 27 Mei 2024 - 08:26 WIB
loading...
A A A
Kinerja ekspor-impor tersebut akan terus diliputi ketidakpastian karena harga komoditas rendah dan kapasitas cadangan di Tiongkok. Selain itu, kinerja perdagangan, terutama yang terkait dengan komoditas, juga akan sulit untuk bisa menjadi sumber pertumbuhan besar bagi Indonesia saat ini mengingat komoditas minyak masih berada pada posisi yang lemah.

Terlebih, konflik geopolitik yang berdampak besar terhadap prospek perekonomian global di masa depan masih menjadi sebuah risiko yang tak akan hilang dalam waktu dekat. Saat ini, setidaknya Indonesia patut bersyukur lantaran sektor-sektor unggulan dari sisi produksi masih tetap tumbuh positif, seperti sektor manufaktur dan perdagangan.

Di Indonesia, memperkuat sektor manufaktur dan perdagangan dapat dilakukan melalui dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal tersebut lantaran UMKM memainkan peran krusial dalam pertumbuhan ekonomi nasional. UMKM dapat menjadi strategi efektif untuk mengatasi ketidakpastian ekonomi global dan memperkuat fondasi ekonomi nasional.

Peran Strategis UMKM dalam Ekonomi Indonesia


Di Indonesia, UMKM telah menjadi salah satu kekuatan utama dalam perekonomian Indonesia. Beberapa dekade terakhir, peran dan kontribusi UMKM semakin diakui sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi yang vital secara nasional.

Selama ini, UMKM telah berhasil menyumbang lebih dari 60,5% terhadap PDB Indonesia dan menyediakan sekitar 97% lapangan kerja. Sektor tersebut mencakup berbagai industri, mulai dari pertanian, manufaktur, perdagangan, hingga jasa.

Oleh sebab itu, peran vital UMKM dalam ekonomi tidak bisa diabaikan, terutama dalam konteks ekonomi yang penuh ketidakpastian seperti sekarang ini. Fleksibilitas dan inovasi yang dimiliki UMKM memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan berkembang meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan global.

UMKM memiliki keunggulan yang unik dalam hal fleksibilitas. Skala yang kecil dan struktur organisasi yang sederhana memungkinkan UMKM untuk dengan cepat beradaptasi dengan perubahan pasar dan kebutuhan konsumen. Bahkan dalam beberapa kasus, UMKM mampu merespon lebih cepat daripada perusahaan besar, memungkinkan mereka untuk tetap kompetitif dan relevan di pasar yang berubah dengan cepat.

Kini, tatkala Indonesia dihadapkan pada tantangan ekonomi yang kompleks, UMKM adalah kunci untuk menciptakan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia. Keberadaan UMKM yang tersebar di seluruh pelosok negeri juga memungkinkan terjadinya pemerataan ekonomi dan mengurangi kesenjangan antara daerah perkotaan dan pedesaan.

Di pedesaan, UMKM menjadi tulang punggung ekonomi lokal yang mampu menghadirkan peluang kerja bagi penduduk setempat, mengurangi ketergantungan pada sektor pertanian, dan memberikan alternatif mata pencaharian yang lebih beragam. Artinya, UMKM dapat memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, menjaga keberlangsungan hidup komunitas, dan mencegah urbanisasi yang berlebihan.

Tak hanya itu, UMKM pun memainkan peran penting dalam memperkuat ekonomi perkotaan. UMKM sering kali menjadi sumber inovasi dan keunikan lokal, memberikan warna dan karakteristik khusus bagi kota-kota di Indonesia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0733 seconds (0.1#10.140)