KPU Target Pencetakan Surat Suara Selesai 23 Maret

Senin, 04 Maret 2019 - 14:07 WIB
KPU Target Pencetakan Surat Suara Selesai 23 Maret
KPU Target Pencetakan Surat Suara Selesai 23 Maret
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus menyiapkan seluruh proses dan tahapan pemilu serentak 2019. Salah satu yang terus difokuskan lembaga penyelenggara pemilu adalah pencetakan surat suara.

Ketua KPU Arief Budiman menyatakan, lembaganya masih sesuai target untuk melakukan pencetakan surat suara yakni pada bulan Maret 2019 mendatang.

"Targetnya produksi minggu ketiga bulan Maret tanggal 23 selesai," kata Arief saat dihubungi SINDOnews, Senin (4/3/2019).

Arief memastikan, setelah surat suara selesai dicetak, maka langsung akan didistribusikan ke masing-masing KPU daerah. Menurut Arief, untuk daerah dengan medan yang sulit seperti Papua akan didistribusikan dahulu.

"Oh untuk itu duluan. Yang jauh-jauh duluan," ujar mantan Ketua KPU Jawa Timur ini.

(Baca juga: KH Ma'ruf Amin Ajak Semua Pihak Jujur dan Jangan Hoaks)

Diketahui, enam perusahaan pencetak yang memenangkan lelang adalah PT Gramedia (Jakarta), PT Balai Pustaka (Jakarta), PT Aksara Grafika Pratama (Jakarta), PT Temprina Media Grafika (Jawa Timur), PT Puri Panca Pujibangun (Jawa Timur), dan PT Adi Perkasa Makassar (Sulawesi Selatan).

KPU menargetkan pencetakan surat suara akan berlangsung selama enam puluh hari. Sebanyak 939.879.651 lembar mencakup surat suara Pilpres, DPD, DPRD kota/kabupaten, DPRD Provinsi, dan DPR akan dicetak dalam masa itu.

Pada Jumat 4 Januari lalu, para peserta pemilu resmi menandatangani surat suara yang akan dipakai saat hari pencoblosan 17 April mendatang. Penandatanganan itu menandai validasi surat suara untuk Pileg dan Pilpres 2019.

Rapat validasi dan persetujuan surat suara ini dihadiri oleh semua komisioner KPU dan para peserta pemilu, baik itu perwakilan parpol maupun perwakilan pasangan capres cawapres.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8230 seconds (0.1#10.140)