Jokowi Perkenalkan Tiga Program untuk Kaum Muda

Jum'at, 01 Maret 2019 - 23:21 WIB
Jokowi Perkenalkan Tiga Program untuk Kaum Muda
Jokowi Perkenalkan Tiga Program untuk Kaum Muda
A A A
KENDARI - Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), Ngobrol Pintar (Ngopi), bersama ratusan kaum milenial di salah satu warung kopi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (1/3/2019) malam.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi, memperkenalkan dua kartu sakti, tambahan tiga kartu sebelumnya, yakni Kartu Pra Kerja dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, serta program Sumber Daya Manusia (SDM) Premium.

Menurut Jokowi, Kartu pra kerja ini, diperuntukan anak-anak muda yang lulus SMA, SMK, Politeknik, dan Pergurutan Tinggi, untuk masuk ke industri agar mendapatkan pekerjaan.

"Inilah yang kartunya disiapkan, kemudian ditraining sesuai dengan keterampilan yang ada. Sda skilling, upskiling dan reskilling, artinya semuanya nanti dikerjakan oleh instruktur-instruktur yang memang memiliki kualifikasi yang baik" jelas Jokowi.

Training anak-anak muda, pemegang Kartu Pra Kerja ini, menurut Jokowi, tidak hanya ditraining di dalam negeri, tapi juga akan ditraning di luar negeri. Jokowi menjelaskan, jika pemegang kartu ini belum mendapat pekerjaan akan mendapatkan honor, namun besarannya ditentukan nanti.

Sementara Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, akan diberikan kepada anak muda yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi, namun tidak memiliki biaya. "Karena memang kita ingin ada sebuah lompatan kualitas sumber daya manusia, sehingga ke depan yang ingin kita kerjakan adalah, pembangunan sumber daya manusia yang sebesar-besarnya seperti kita membangun infrastruktur dalam lima tahun ini" jelas Jokowi di hadapan ratusan kaum muda di Sultra.

Menurut Jokowi, perubahan global saat ini, harus menggeser strategi, sehingga SDM menjadi sebuah kekuatan dan potensi untuk berkompetisi dengan negara-negara lain. Jokowi yakin, anak muda di Indonesia, memiliki kemampuan apabila diasah dan ditraining sebaik-baiknya.

Selain dua kartu itu, Jokowi juga menyiapkan program SDM Premium. Hal ini untuk menjawab tantangan revolusi industri jilid keempat yang memperhadapkan masuknya teknologi-teknologi begitu cepat di Indonesia. "Antisipasi adanya perubahan-perubahan yang sangat cepat ini, oleh sebab itu, harus ada persiapan SDM Premium kita," kata Jokowi.

Harapan Jokowi, anak muda di daerah bisa mendominasi SDM Premium ini, sehingga daerah bisa mengembangakan sumber daya alamnya sesuai dengan Teknologi yang dimiliki. Target program SDM Premium ini, menyekolahkan anak-anak muda Indonesia ke luar negeri mulai S1,S2 dan S3. Sehingga sepulang sekolah dari luar negeri, bisa menjadikan Negara Indonesia, bisa berkompetesi, memilki daya saing, dan produktivitas.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6616 seconds (0.1#10.140)