Daftar Brevet TNI AD, Jenis dan Maknanya

Jum'at, 24 Mei 2024 - 05:40 WIB
loading...
Daftar Brevet TNI AD,...
Penyematan Brevet Komando kepada KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur pada 21 Desember 2021. FOTO/DOK.KOPASSUS
A A A
JAKARTA - Brevet TNI AD menarik untuk diketahui jenis beserta maknanya. Biasanya brevet-brevet tersebut tersemat di bagian dada kanan atau pun kiri seragam dinas Angkatan Darat yang dikenakan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), brevet merupakan dokumen tanda penghargaan kepada seseorang yang menyatakan telah dianugerahkannya suatu titel, gelar, dan lain-lain. Dalam definisi lain dimaknai sebagai surat tanda bukti keahlian, kepandaian, atau kemampuan.

Dalam konteks militer, brevet merupakan simbol berbentuk lencana yang diberikan kepada prajurit TNI atas keahlian dan prestasi khusus di bidang tertentu. Brevet ini tidak hanya menandakan kompetensi teknis dan profesional, tetapi juga menjadi lambang kebanggaan bagi setiap prajurit yang berhasil meraihnya.



Jenis brevet di TNI sangat banyak karena setiap matra memiliki brevetnya sendiri-sendiri. Lalu apa saja brevet TNI AD? Dan apa maknanya? Simak penjelasan berikut ini:

Daftar Brevet TNI AD:

1. Brevet Komando Kopassus

Daftar Brevet TNI AD, Jenis dan Maknanya


Brevet Komando Kopassus adalah salah satu simbol paling bergengsi di TNI AD. Brevet ini diberikan kepada prajurit yang berhasil menyelesaikan pendidikan dan pelatihan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Calon prajurit Kopassus yang lolos seleksi awal mengikuti Pendidikan Dasar Komando (Dikko) selama sekitar tujuh bulan, mencakup latihan fisik ekstrem, taktik perang gerilya, pertempuran jarak dekat, navigasi darat, dan teknik bertahan hidup di hutan. Mereka juga menjalani latihan khusus seperti terjun payung, penyelaman, pertempuran di air, dan operasi rahasia, yang dirancang untuk menguji ketahanan fisik dan mental dalam kondisi ekstrem.

2. Brevet Para Raider

Daftar Brevet TNI AD, Jenis dan Maknanya


Brevet Para Raider adalah simbol kehormatan yang diberikan kepada prajurit TNI AD yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan sebagai pasukan Para Raider.

Prajurit diberikan pelatihan dasar penerjunan, termasuk teknik penerjunan, penguasaan alat, dan prosedur keselamatan, untuk memastikan prajurit dapat melakukan operasi lintas udara dengan aman dan efektif. Setelah itu, prajurit melanjutkan ke pelatihan raider yang mencakup taktik pertempuran darat, teknik infiltrasi, penyerbuan, dan operasi penyergapan, serta latihan fisik dan simulasi tempur intensif. Prajurit harus melewati serangkaian ujian dan evaluasi yang mencakup simulasi operasi militer, serta tes fisik dan mental yang ketat.

3. Brevet Taipur Kostrad

Daftar Brevet TNI AD, Jenis dan Maknanya


Brevet Intai Tempur Kostrad merupakan lencana kehormatan yang disematkan kepada prajurit TNI AD yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan tempur intai di Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)