12 Brevet, Wing, dan Badge Hiasi Seragam Jenderal Andika, Ini Penjelasannya

Sabtu, 20 November 2021 - 20:46 WIB
loading...
12 Brevet, Wing, dan Badge Hiasi Seragam Jenderal Andika, Ini Penjelasannya
Jenderal TNI Andika Perkasa telah menjalani Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto yang digelar, Kamis (18/11/2021) lalu. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI Andika Perkasa telah menjalani Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima TNI dari Marsekal Hadi Tjahjanto yang digelar, Kamis (18/11/2021) lalu. Dalam Sertijab itu, Andika tampak mengenakan seragam kebangaan TNI AD berwarna hijau lengkap sejumlah Brevet, Wing, dan Badge di dada kiri dan kanan.

Brevet dengan bermacam bentuk itu tersusun rapi memenuhi seragam Jenderal Andika. Menambah wibawa dan kegagahan mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini.

Bagi masyarakat awam, tentunya tidak banyak yang paham apa saja Brevet, Wing, dan Badge militer yang tersemat di pakaian Jenderal Andika tersebut. Warganet dengan akun Twitter @IWAtmaja pun membagikan penjelasan apa saja dan bagaimana mendapatkan masing-masing Brevet, Wing, dan Badge itu.

"Jadi Jenderal Andika Perkasa berhak menyandang beberapa Brevet, Wing, dan Badge militer baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam gambar di bawah udah aku nomori dan kita bahas satu per satu," ujarnya seperti dikutip SINDOnews, Sabtu (20/11/2021).

Berikut penjelasan 12 Brevet, Wing, dan Badge yang tersemat di seragam Jenderal Andika Perkasa:

1. Brevet Komando Kopassus
Brevet yang selalu diletakkan di posisi paling atas ini berhak disandang oleh setiap prajurit yang telah lulus pendidikan komando Kopassus selama 7 bulan nonstop.

Dikkopassus terbagi menjadi 3 tahap yaitu tahap basis, gunung hutan, dan rawa laut. Pada tahap basis prajurit dilatih pembinaan jasmani militer, kemampuan ilmu medan, pengetahuan senjata, menembak, demolisi, sampai ketangkasan militer seperti melempar pisau, renang, dan beladiri.

Kemudian pada tahap gunung hutan dilatihkan penjejakan, antipenjejakan, survival, dan juga penerapan ilmu medan. Pada akhir tahap ini seluruh prajurit diharuskan jalan lintas medan dengan pakaian tempur lengkap dari Batujajar hingga Cilacap sejauh 500 km selama sekitar 1 minggu.

Sampai di Cilacap langsung dilanjutkan tahap rawa laut dimulai dengan renang selat menuju Pulau Nusakambangan dan diakhiri dengan latihan pelolosan, di mana prajurit disiksa selama semalam penuh tanpa boleh membocorkan informasi. Dikko ditutup dengan pembaretan di Pantai Permisan.
12 Brevet, Wing, dan Badge Hiasi Seragam Jenderal Andika, Ini Penjelasannya


2. Brevet Cakra Kostrad
Brevet ini diraih setelah menempuh latihan Cakra selama 3 bulan. Latihan ini di antaranya meliputi survival, intelijen pertempuran, patroli, pertempuran jarak dekat, operasi raid, termasuk juga pembinaan fisik dan beladiri militer.
12 Brevet, Wing, dan Badge Hiasi Seragam Jenderal Andika, Ini Penjelasannya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)