Dari Debat Capres Bisa Terlihat Watak Dasar Pemimpin

Minggu, 17 Februari 2019 - 15:30 WIB
Dari Debat Capres Bisa Terlihat Watak Dasar Pemimpin
Dari Debat Capres Bisa Terlihat Watak Dasar Pemimpin
A A A
JAKARTA - Debat Pilpres 2019 yang berlangsung malam ini akan menampilkan adu gagasan antara calon presiden nomor 01 Joko Widodo (Jokowi) dengan calon presiden nomor 02 Prabowo Subianto dengan tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan infrastruktur.

Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin mengatakan, apapun materi debatnya yang paling penting ialah persoalan hati.

Sebab di tengah kondisi kebangsaan yang penuh isu negatif, hoaks, dan fitnah, karakteristik seorang pemimpin justru mesti diangkat.

"Karena itulah mari kita saksikan bersama debat tersebut dengan melihat bagaimana rekam jejak pemimpin, bagaimana watak dasar karakter pemimpin yang baik," ujar Hasto saat jumpa pers di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019).

(Baca juga: Berlangsung 90 Menit, Ini Rundown Acara Debat Capres Kedua)

Hasto mengungkapkan, pemimpin yang baik, muncul dari hati dan pikiran yang bersih. Kombinasi hati dan masa lalu yang baik akan menjadi dasar bagi masa depan kepemimpinan yang baik.

Sebaliknya, jika hati dan masa lalu yang buruk justru menghasilkan kepemimpinan yang buruk. "Kombinasi hati dan pikiran serta masa lalu yang baik akan menjadi dasar bagi masa depan yang lebih baik," ungkapnya.

(Baca juga: Kiat-kiat Memandu Debat Berjalan Sukses Menurut Tommy Tjokro)

Selain itu terkait kostum yang akan dikenakan, Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) itu menyebut kedua capres sudah memiliki kostumnya masing-masing saat debat malam nanti. Jokowi bakal mengenakan pakian warna putih, sedangkan Prabowo disebut menggunakan baju warna hitam.

"Debat capres antara Pak Jokowi yang bajunya putih dengan Pak Prabowo yang bajunya hitam," tuturnya.

Diketahui, debat kedua Pilpres 2019 mengusung tema "Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Infrastruktur." Debat dihelat di Hotel Sultan, Jakarta pada pukul 20.00 WIB hari ini. Debat yang diikuti oleh capres ini disiarkan secara langsung di RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4628 seconds (0.1#10.140)