alexametrics

Debat Kedua, Menguji Strategi Capres

loading...
Debat Kedua, Menguji Strategi Capres
Debat Kedua, Menguji Strategi Capres. (Koran SINDO).
A+ A-
JAKARTA - Bagaimana strategi Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto jika mendapat kesempatan memimpin Indonesia untuk periode 2019-2024 akan tereksplorasi dalam debat kedua calon presiden (capres) yang bakal digelar Minggu (17/02) ini.

Dua calon tersebut secara khusus akan head to head tanpa didampingi pasangan calon wakil presiden (cawapres) masing-masing menyampaikan langkah apa yang akan mereka lakukan menghadapi isu energi, infrastruktur, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan yang menjadi tema debat.

Sebagai incumbent, Jokowi akan memanfaatkan berbagai program yang telah dilaksan akan selama lima tahun menjadi presiden sebagai senjata untuk menarik dukungan publik. Sebaliknya, Prabowo akan mencari celah mengkritisi kebijakan kompetitornya untuk membalik dukungan masyarakat.



Bagi masyarakat, debat yang akan ditayangkan secara langsung serentak di empat televisi swasta nasional, yakni RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV, itumenjadi momentum untuk menguji apakah strategi Jokowi atau Prabowo yang dianggap relevan dan tepat untuk Indonesia ke depan.

Rencananya, debat yang dijadwalkan berlangsung mulai pukul 20.00 WIB itu akan dipandu moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. Debat juga akan menghadirkan sejumlah panelis. Mereka adalah Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (rektor ITS), Dr Arif Satria (rektor IPB), dan Prof Dr Ir Irwandy Arif MSc (ahli pertambangan ITB).

Ada pula Ahmad Agus Setiawan ST MSc PhD (pakar energi UGM), Sudharto P Hadi (pakar lingkungan UNDIP), Dr Suparto Wijoyo SH MHum (pakar hukum lingkungan UNAIR), Nur Hidayati (direktur eksekutif WALHI), dan Dewi Kartika (sekretaris jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria/KPA) .

Dua capres sudah menegaskan kesiapannya bertarung dalam debat. Capres nomor 1 Jokowi misalnya mengatakan akan menyampaikan capaian-capaian pemerintah, baik dalam pangan, energi, infrastruktur, maupun lainnya, sesuai dengan tema debat yang ditetapkan.

”Infrastruktur kita sampaikan apa yang sudah dikerjakan. Juga masalah energi akan saya sampaikan yang kita lakukan. Pangan, data-data yang kita punyai, akan disampaikan,” ujarnya.

Capres nomor 2 Prabowo bahkan sudah melakukan pemanasan dengan menggelar Pidato Kebangsaan di Grand Ballroom Hotel Po, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (15/2) lalu.
halaman ke-1 dari 4
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak