Jokowi Akan Eksplore Prestasi dan Capaian di Debat Kedua

Kamis, 14 Februari 2019 - 08:10 WIB
Jokowi Akan Eksplore Prestasi dan Capaian di Debat Kedua
Jokowi Akan Eksplore Prestasi dan Capaian di Debat Kedua
A A A
JAKARTA - Influencer Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin , Mukhamad Misbakhun mengaku yakin Capres nomor urut 01 Jokowi akan mengeksplore secara detail capaian prestasi yang sudah ditorehkan selama memerintah dalam debat kedua nanti melawan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto.

"Untuk lingkungan hidup, penegakan hukum Jokowi sangat tegas. Isu asap yang selalu ganggu, zamannya Jokowi selesai. Pemerintah jelas sikapnya bagaimana menyelesaikan masalah ini," ujar Misbakhun saat menjadi narasumber diskusi 'Antara Panggung dan Subtansi' di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

(Baca juga: Jelang Debat Capres, Ini Persiapan yang Sudah Dilakukan Jokowi)


Adapun di tema energi, Politikus Partai Golkar ini menganggap Jokowi berhasil melakukan pengembangan suplai energi yang memadai. Kemudian bicara infrastruktur, tema ini merupakan senjata pamungkas yang bisa dieksplore lebih dalam.

Ditambahkan Misbakhun, di bidang sumber daya alam, prestasi Jokowi boleh dianggap moncer karena petahana itu mampu melakukan pengambilalihan mayoritas saham Freeport dan juga Blok Mahakam. Di bidang lingkungan hidup, mantan Gubernur DKI Jakarta juga dianggap memberikan jaminan kelangsungan lingkungan yang ramah dan pengembalian fungsi hutan.

"Capaian harus dihormati. Karena ini kesungguhan pemerintah ingin mewujudkan janji kampanye. Ada kelemahan iya, tapi selalu ada usaha untuk memperbaiki," jelasnya.

(Baca juga: Debat Capres II, Jokowi Siap Jelaskan Soal Infrastruktur)


Sementara itu, Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengharapkan dalam debat kedua nanti, baik Jokowi maupun Prabowo Subianto harus mampu memanfaatkan panggung yang sebentar. Sebab, metode debat sedikit banyak akan memengaruhi respons pemilih karena debat juga merupakan bagian dari kampanye.

Pengamat Politik UIN Jakarta itu menilai dua paslon harus menunjukkan kemampuannya dalam mengeksplore isu debat yang kemudian dikapitalisasi menjadi lumbung suara. Adi sepakat, sebagai petahana, Jokowi cukup menyampaikan capaiannya.

"Tema infrastruktur itu Jokowi banget. Yang mampu dianggap kesuksesakan Jokowi ya infrastruktur, apa saja yang sudah dibangun dan impact ekonomi yang sudah dirasakan. Mudik tidak seseram sebelumnya," kata Adi di forum yang sama.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7055 seconds (0.1#10.140)