Jokowi Hadiri Perayaan Imlek Nasional di Kemayoran

Kamis, 07 Februari 2019 - 13:01 WIB
Jokowi Hadiri Perayaan Imlek Nasional di Kemayoran
Jokowi Hadiri Perayaan Imlek Nasional di Kemayoran
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek ke-2570 kepada komunitas Tionghoa di Indonesia. Menariknya, Jokowi menyampaikan ucapan tersebut dengan bahasa Mandarin.

"Pertama-tama kepada seluruh rakyat Indonesia, kepada suku Indonesia Tionghoa, di mana pun, saudara-saudara Bapak-Ibu berada saya ingin mengucapkan Xin Nian Kuai Le, selamat tahun baru," kata Jokowi saat hadir pada Perayaan Imlek Nasional 2019 di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019).

Jokowi lalu menyampaikan Gong Xi Fa Cai serta Wan Shi Ru Yi. Ucapan tersebut disambut riuh tamu undangan yang hadir dalam perayaan Imlek Nasional tersebut. Dia berharap, imlek membawa kesejahteraan untuk bangsa.

"Dan juga Gong Xi Fa Cai, semoga selalu semangat dan sejahtera. Dan juga ingin mengucapkan Wan Shi Rui, selamat, semoga semua keinginan kita terpenuhi," ujarnya.

Jokowi mengatakan, baru bisa menghadiri perayaan Imlek tahun ini lantaran tahun-tahun sebelumnya, acara menyambut tahun baru China tak digelar di satu tempat.

"Karena ada forum yang di sini mengadakan, ada himpunan di sini mengadakan, ada asosiasi mengadakan, terpecah-pecah. Saya sudah sampaikan saya enggak mau kalau seperti ini, saya enggak akan datang," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akhirnya datang pada perayaan Imlek nasional tahun ini karena acara digelar secara bersama-sama. Adapun perayaan Imlek tahun ini yang pertama kali dihelat secara nasional.

"Bahkan banyak sekali yang ikut dalam kegiatan perayaan bersama ini. Hadir 29 raja dan sultan dari seluruh Tanah Air. Saya senang kalau pas tahun Imlek, ada barongsai, ada kembang api," ujarnya.

Perayaan Imlek ini juga dihadiri Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 RI Try Soetrisno, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Kemudian, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, hingga Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila Sudhamek AWS.

Selanjutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3668 seconds (0.1#10.140)