KPU Ungkap Aturan Main Debat untuk Dipatuhi Paslon dan Pendukung

Kamis, 17 Januari 2019 - 14:48 WIB
KPU Ungkap Aturan Main Debat untuk Dipatuhi Paslon dan Pendukung
KPU Ungkap Aturan Main Debat untuk Dipatuhi Paslon dan Pendukung
A A A
JAKARTA - Aturan main yang harus dipatuhi dalam debat capres 2019 perdana sudah disosialisasikan kepada kontestan Pilpres 2019 dan juga tim pendukung. Aturan main yang harus dipatuhi paslon secara teknis sudah dipandu oleh moderator dalam setiap segmen debat capres.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Evi Novida Ginting Manik mengatakan, dalam debat capres ini setiap pertanyaan paslon akan ditanggapi paslon lain dengan izin moderator. "Ini kan debat yang dari awal sampai akhir debat terus. Jadi setelah visi misi, debat dimulai. Jadi dari awal sudah berdebat, tidak hanya di sesi akhir," kata Evi di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Terkait dengan atribut pendukung dua kubu, Evi menjelaskan pihaknya hanya mengatur di dalam ruang debat capres. Pihaknya juga tengah menyediakan atribut berupa kipas. Sementara untuk atribut di luar ruangan menjadi domain masing-masing tim pendukung agar berlangsung aman dan tertib. (Baca juga: Ditanya Pemantapan Debat, Jokowi: Mantul Mantul )

KPU sangat berharap debat capres nanti akan memberikan informasi utuh kepada masyarakat. Khususnya visi misi yang disampaikan paslon bisa memberikan gambaran kepada calon pemilih. (Baca juga: Sosiolog UI: Pemilu Hanya Temporer, Jangan 'Gila Politik' )

"Ini juga bagian dari edukasi kita juga melalui debat ini sehingga kita bisa dewasa dalam berkampanye dalam berkampanye dan berpolitik, termasuk pada pendukung-pendukungnya juga," tandasnya.Berikut video persiapan debat capres 2019 di Hotel Bidakara:
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4733 seconds (0.1#10.140)