95% Masih Impor, Pemerintah Diminta Libatkan Kampus Bikin Bahan Baku Obat

Jum'at, 01 Mei 2020 - 11:48 WIB
loading...
95% Masih Impor, Pemerintah Diminta Libatkan Kampus Bikin Bahan Baku Obat
Mahasiswa ITS Surabaya menciptakan ventilator untuk membantu penanganan pasien Covid-19, beberapa waktu lalu. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengakui Indonesia masih ketergantungan bahan baku obat impor terus mendapat respons dari anggota DPR.

Kali ini, Anggota Komisi IX DPR Darul Siska yang menanggapinya."Yang pertama, tentu kita bersyukur Presiden ternyata melihat ada hikmah di balik pandemi Covid-19 ini," ujar Darul Siska kepada SINDOnews, Jumat (1/5/2020).( )

Menurut dia, setelah menyadari berbagai kelemahan, pemerintah seharusnya merumuskan langkah-langkah jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang untuk mengatasi berbagai kelemahan-kelemahan tersebut.

"Selanjutnya pemerintah menugaskan institusi perguruan tinggi dan lembaga penelitian untuk melakukan penelitian dan menugaskan semua stakeholder bangsa untuk bekerja keras sesuai Tupoksinya memenuhi kebutuhan bangsa dan menutupi berbagai kelemahan kita tersebut," tuturnya.

Adapun pengakuan Presiden Jokowi tersebut diungkapkan saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), Kamis 30 April 2020. Dia mengungkapkan, 95% bahan baku obat masih impor.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)