Orasi di Depan MK, Din Syamsuddin Sebut Jokowi Lakukan Intervensi Pemilu 2024

Senin, 22 April 2024 - 12:52 WIB
loading...
Orasi di Depan MK, Din Syamsuddin Sebut Jokowi Lakukan Intervensi Pemilu 2024
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin memberikan orasi di depan Gedung MK jelang putusan sengketa Pilpres 2024. Foto/MPI/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau Din Syamsuddin menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan intervensi dalam hasil Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Din Syamsuddin saat orasi di Patung Kuda Arjuna Wijaya menjelang putusan sengketa Pilpres 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat. Tampak hadir petinggi DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera.

"Kami melihat sudah ada intervensi dari Jokowi dari putusan Mahkamah Konstitusi," ujar Din Syamsuddin, Senin (22/4/2024).



Din Syamsuddin menyebut pihaknya yang mendukung capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menolak putusan MK yang diduga menolak gugatan kecurangan Terstruktur, Sistematis, dan Masif (TSM) yang digugat Paslon 01 dan 03.

"Hanya keajaiban yang mungkin bisa mengubah putusan Hakim MK tersebut. Untuk itu kami menolak putusan MK yang sebentar lagi akan dibacakan," tambahnya.



Pada Pukul 12.20 WIB, dari speaker mobil orasi melantunkan azan ibadah salat Zuhur berjemaah di Jalan Medan Merdeka Barat tersebut. Ratusan hingga ribuan massa yang melakukan aksi unjuk rasa tampak duduk dan berdiri di sekitar lokasi panggung orasi yang terletak di bagian tengah mobil orasi.

Sebagaimana diketahui, MK dijadwalkan menggelar sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilu Umum (PHPU) Pemilu 2024. Ribuan personel kepolisian disiagakan untuk melakukan pengamanan kegiatan masyarakat yang akan melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung MK.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan total ada 7.783 Personel yang disiagakan di sekitar MK, Bawaslu RI, dan Monas.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)