Kapolri: Al-Qaeda dan JI Dua Gelombang Terorisme Global

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:00 WIB
Kapolri: Al-Qaeda dan JI Dua Gelombang Terorisme Global
Kapolri: Al-Qaeda dan JI Dua Gelombang Terorisme Global
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian mengatakan perkembangan terorisme global saat ini dapat dikategorikan ke dalam dua gelombang. Kedua gelombang itu yakni kemunculan Al-Qaedah dan bagaimana hubungannya dengan Jamaah Islamiyah (JI) di Indonesia.

Hal itu disampaikan Tito saat menjadi pembicara dalam Victoria Police and Leadership in Counter Terrorism Alumni Assocition 2018 International Counter Terrorism Forum di Melbourne Australia, Rabu (12/12/2018). “Dan gelombang kedua mulai dirasakan sejak kehadiran ISIS dan bagaimana pengaruhnya dengan Jamaah Anshorut Daulah (JAD) yang ada di Indonesia,” kata Tito melaui keterangan tertulisnya kepada wartawan.

Tito mengatakan ada dua hal penting yang bisa ditempuh dalam penanganan kejahatan terorisme. Pertama melalui pendekatan keras (hard approach) dan pendekatan lunak (soft approach). “Namun, kedua pendekatan ini harus berjalan secara simultan guna mengoptimalkan hasil dan tujuan yang hendak dicapai,” ujarnya.

Di samping itu, penegak hukum juga penting untuk memahami pemahaman, mindset maupun perilaku bertindak yang menjadi strategi dari pelaku teror. “Pemahamanan ini akan mempengaruhi pilihan bertindak bagi para penegak hukum guna melaksanakan counter strategy untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan terorisme,” tandasnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9754 seconds (0.1#10.140)