Delaying System Menuju Pelabuhan, Kendaraan Pemudik di Tol Tangerang-Merak Diputar Masuk Rest Area

Minggu, 07 April 2024 - 17:05 WIB
loading...
Delaying System Menuju Pelabuhan, Kendaraan Pemudik di Tol Tangerang-Merak Diputar Masuk Rest Area
Polisi melakukan pengalihan arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak, Minggu (7/4/2024). Ruas tol arah Merak untuk semua lajur ditutup di depan Rest Area Km 43 Balaraja dan Km 68 Serang. Foto: iNews Media/Ravie Wardani
A A A
TANGERANG - Polisi melakukan pengalihan arus kendaraan pemudik di Tol Tangerang-Merak, Minggu (7/4/2024). Ruas tol arah Merak untuk semua lajur ditutup di depan Rest Area Km 43 Balaraja dan Km 68 Serang.

Pengalihan ini merupakan strategi delaying system agar arus kendaraan menuju Merak yang sudah padat dapat dibagi bertahap.

Semua kendaraan arah Merak diarahkan masuk rest area. Efeknya, arus kendaraan sebelum rest area macet dan tersendat.



Tampak mobil pribadi, truk, kontainer hingga bus memutari lintasan rest area kemudian diarahkan untuk kembali memasuki ruas tol melalui pintu keluar.

Antrean kendaraan mengular di dalam rest area menjelang pintu keluar hingga memakan 6 lajur.

Ini terjadi akibat bottle neck karena akses keluar rest area hanya cukup untuk 2 lajur. Setelah keluar rest area, arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak arah Merak kembali lancar hingga menjelang Gerbang Tol Cilegon Barat.

Sementara itu, arus kendaraan arah sebaliknya yakni tujuan Jakarta lancar.

Menurut petugas PJR Korlantas Polri di lokasi, delaying system diberlakukan sejak siang hari tadi untuk mengurai kepadatan antrean kendaraan yang memasuki Pelabuhan Merak.

Kendaraan diarahkan untuk diistirahatkan dulu di Rest Area Km 43 sekitar 30 menit sambil menunggu kepadatan di GT Merak terurai.

Namun, sebagian kendaraan hanya memutari rest area untuk langsung menuju pintu keluar dan tidak parkir.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)