Lalin Sekitar Pelabuhan Merak Mulai Landai Pagi Ini

Sabtu, 06 April 2024 - 08:03 WIB
loading...
Lalin Sekitar Pelabuhan Merak Mulai Landai Pagi Ini
Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Leganek Mawardi memberikan keterangan kepada media, Sabtu (5/4/2024). Saat ini kondisi lalu lintas sudah landai meski sempat ada kepadatan kurang lebih sepanjang 1 kilometer menjelang exit tol Merak. FOTO/MPI/TANGGUH YUD
A A A
JAKARTA - Trafik kendaraan di sekitar Pelabuhan Merak , Banten mulai landai, Sabtu (6/4/2024) pagi ini. Berdasarkan pantauan langsung sekitar pukul 7.00 WIB, terjadi pengurangan jumlah kendaraan baik di ruas jalan tol Merak maupun di sekitar area pelabuhan.

Hal ini telah dikonfirmasi juga oleh Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Leganek Mawardi. Menurutnya, untuk saat ini kondisi lalu lintas sudah landai meski sempat ada kepadatan kurang lebih sepanjang 1 kilometer menjelang exit tol Merak.

"Alhamdulillah tadi selesai sekitar jam 05.00 sudah ketarik semua, puncaknya di jam 03.00 tadi dan ini sudah mulai menurun. Trafik sendiri mulai naik semalam jam 23.00 sampai jam 02.00," ungkap Leganek saat diwawancarai di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak.



Leganek menjelaskan, trafik lalu lintas mulai terurai setelah dilakukan delay system dari gerbang tol Cikupa. Skema ini dilakukan setelah kantong-kantong parkir pelabuhan Merak mulai padat sejak semalam.

"Menjelang exit tol tapi kita sudah laksanakan delay system mengingat kondisi pelabuhan merak cukup padat di buffer area sudah terisi sambil menunggu untuk bongkaran kapal yang akan kembali dari Bakaheuni. Ini diatur flownya oleh bapak ASDP, diatur supaya tercover semua," ujar Leganek.

"Delay system kita awali dari gerbang tol Cikupa, dilakukan di rest area 43, 68, dan gate Cikupa. Delay sistem berfungsi daripada menunggu di dalam tol lebih baik menunggu di rest area. Ini berlangsung situasional," tambahnya.



Meski sudah mulai landai, namun diprediksi peningkatan trafik lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak akan kembali meningkat pada malam hari. Mengingat puncak arus mudik di pelabuhan yang menghubungkan Jawa dengan Sumatera itu berlangsung pada tanggal 6 sampai 7 April ini.

"Ini ritmenya mungkin meningkat terus sampai tanggal 7 di mana ini dua hari ini memang puncak arus mudik," pungkasnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)