Dosen UI Sebut Kebijakan Jokowi Sangat Pro-Islam

Selasa, 06 November 2018 - 21:02 WIB
Dosen UI Sebut Kebijakan Jokowi Sangat Pro-Islam
Dosen UI Sebut Kebijakan Jokowi Sangat Pro-Islam
A A A
JAKARTA - Dosen Kajian Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia (UI), Sri Yunanto menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki komitmen tinggi terhadap Islam.

Komitmen itu terejawantahkan dalam sejumlah program pengentasan kemiskinan hinga pemberian lapangan pekerjaan yang sejalan dengan misi ajaran Islam.

"Jokowi dalam berbagai kebijakannya sangat proIslam," kata Yunanto Dalam besah buku Keislaman Jokowi di D Hotel, Guntur, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018).

Dalam dimensi ekonomi, Jokowi mendorong pemberdayaan zakat sebagai pengembangan ekonomi mikro Islam. Bagi umat Islam, pembayaran zakat merupakan bentuk ibadah yang misinya mewujudkan keadilan ekonomi.

Yunanto menilai, misi ini dipahami oleh Jokowi sebagai perwujudan Islam yang rahmatan lil alamin. Dengan berzakat, umat Islam bisa berbagi rezeki dan meningkatkan persaudaraan.

"Karenanya sejak 2017, Presiden Jokowi melakukan pembayaran zakat penghasilannya. Dia juga mengajak pejabat tinggi hingga kepala daerah untuk melakukan hal yang sama," kata Yunanto.

Dukungan terhadap pengembangan zakat sebagai sumber ekonomi umat tidak hanya dijalankan Jokowi secara pribadi. Sebagai kepala negara Jokowi juga mendorong umat Islam terutama sekitar 4 juta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membayar zakat dengan menyiapkan Perpres yang mengatur pungutan zakat sebesar 2,5%.

"Kalau kebijakan ini diterima, potensi penerimaan zakat sangat besar, mencapai 271 triliun rupiah. Dana yang sangat besar untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan," kata Yunanto.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1035 seconds (0.1#10.140)