Mengenal Literasi Digital sejak Dini Agar Makin Cakap Digital

Rabu, 27 Maret 2024 - 16:30 WIB
loading...
A A A
”Untuk adik-adik di sekolah dasar mulai sekarang terapkan keamanan data kalian, jangan pernah menyebarkannya di media sosial, tidak semua akun boleh kalian akses, harus tetap menjaga kerahasiaan akun agar terhindar dari serangan hacker,” tutur Sani.

Paparan terakhir disampaikan oleh Ratu Vivit Novita, influencer yang berbagi materi tentang budaya bermedia digital. Bicara tentang budaya bermedia digital, menurutnya, salah satu tantangan yang dihadapi adalah memudarnya wawasan kebangsaan serta menipisnya sopan santun.

Ratu menjelaskan, sebagai influencer, ia kerap masih menemukan komen kasar hingga diskriminasi, namun dianggap lelucon yang lumrah bagi sebagian orang. ”Aku harap adik-adik di sini setidaknya punya kesadaran diri untuk tidak mengeluarkan kata-kata atau ketikan yang dapat menyinggung seseorang, hati-hatilah saat bertindak,” ucapnya.

Ratu juga menyampaikan manfaat positif media sosial, yaitu memberikan ruang untuk berekspresi dan menggali potensi diri. Sebagai influencer, Ratu berbagi tips untuk anak apabila ingin menjadi konten kreator, yaitu percaya pada kemampuan diri sendiri dan terus menggali potensi diri.

Kegiatan nobar ini kemudian ditutup oleh sesi tanya jawab antar peserta dan seluruh narasumber. Seorang siswi melontarkan pertanyaan mengenai bagaimana cara menghindari konten yang tidak baik dan tidak pantas sehingga kita dapat terhindar dari hal tersebut?

Pertanyaan ini mendapat tanggapan dari Mujiantok. Dia menerangkan bahwa ketika mendapatkan berita atau konten apapun di dunia digital, kita harus berfikir kritis. "Cek dahulu isi konten nya lalu lihat sumber nya. Ketika sudah jelas konten nya negatif jangan kita sebarluas kan lagi. Itulah penting nya kita menyaring dahulu dan pastikan kita selalu memposting konten yang positif," katanya.

Kegiatan Nobar ”Mengenal Literasi Digital Sejak Dini” merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD). Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui Website www.literasidigital.id, Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page Literasi Digital Kominfo dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)