Mengenal Literasi Digital sejak Dini Agar Makin Cakap Digital

Rabu, 27 Maret 2024 - 16:30 WIB
loading...
Mengenal Literasi Digital sejak Dini Agar Makin Cakap Digital
Kemkominfo mengadakan Nonton Bareng (Nobar) yang mengusung tema ‘Mengenal Literasi Digital sejak Dini’ pada Senin (27/3/2024) di Kabupaten Tangerang. (Foto: dok. Kemkominfo)
A A A
TANGERANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengadakan kegiatan Nonton Bareng Webinar yang mengusung tema 'Mengenal Literasi Digital sejak Dini' pada Rabu (27/3/2024) di Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital. Kegiatan ini dihadiri oleh Siswa Sekolah Dasar se-kabupaten Tangerang dengan jumlah sekitar 27.000 peserta.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Masyarakat Indonesia tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.49 dari 5,00. Kegiatan webinar literasi digital di lingkungan pendidikan merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Kegiatan nobar webinar diawali dengan sambutan dari Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia Semuel Abrijani Pangerapan yang menyampaikan pentingnya mempersiapkan talenta digital Indonesia, agar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi digital serta memiliki kemampuan dalam menanggulangi resiko yang muncul bersama nya. Semuel menyampaikan empat pilar utama literasi digital yakni kecakapan digital, budaya digital, etika digital dan keamanan digital.

Sambutan kedua sekaligus pembukaan kegiatan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi secara daring. Dia memaparkan manfaat ekonomi dalam kegiatan literasi digital, seperti peningkatan kompetensi tenaga kerja dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan berbasis ekonomi digital.

Menkominfo juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan literasi digital, untuk mewujudkan Indonesia terkoneksi dan semakin maju.

Kegiatan Nobar ini bertujuan memberi edukasi mengenai literasi digital dengan cara yang mudah diterima siswa. Sesi Nobar dimulai dengan pemutaran video animasi berjudul “4 Jurus Literasi Digital”. 4 jurus yang dimaksud adalah Interaksi, Partisipasi, Kolaborasi dan Kontrol diri agar para peserta didik #MakinCakapDigital.

Penjelasan mengenai literasi digital kemudian disampaikan oleh tiga orang narasumber. Paparan pertama disampaikan oleh Mujiantok, CEO & founder Atsoft Teknologi. Dia menekankan peran penting etika digital.

"Saat berselancar di internet, kita harus tetap mengedapankan etika. Sebagai pengguna internet, pastikan kita menggunakan media sosial untuk hal positif. Hal ini berkaitan dengan tanggung jawab mengingat jejak digital di internet sangat susah untuk dihapus. Etika berinternet juga berkaitan dengan integritas. Di mana kita harus jujur serta jangan menyebarkan berita yang belum jelas sumbernya," katanya.

Dia berpesan untuk tidak ikut menyebarkan konten negatif. Salah satu tindakan etis yang dapat dilakukan adalah dengan cara memproduksi konten yang bermanfaat atau positif.

Narasumber kedua, Sani Widowati (Educator at Where ther be Dragons) menuturkan, selain menjaga etika, di dunia digital, pengguna internet harus mengamankan data diri dan terus waspada akan kejahatan di media sosial. Salah satu upaya terhindar dari kejahatan di internet adalah dengan membuat password yang kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)