Menko Polhukam Sebut KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024 Besok

Selasa, 19 Maret 2024 - 14:49 WIB
loading...
Menko Polhukam Sebut KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024 Besok
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto memastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal mengumumkan hasil rekapitulasi nasional pada Rabu, 20 Maret 2024. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto memastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal mengumumkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 pada Rabu, 20 Maret 2024. Hal ini sesuai dengan rencana tahapan Pemilu 2024.

"Masih sesuai rencana. Sesuai dengan UU 35 hari setelah pemilu kita umumkan, berarti jatuh pada tanggal 20 Maret. Sekarang tanggal 19, berarti besok. Berarti sesuai dengan rencana," kata Hadi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

Hingga Senin 18 Maret 2024, KPU telah mengesahkan suara dari 34 provinsi. Rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara hari ini, karena masih ada empat provinsi yang rapat pleno rekapitulasinya belum diselesaikan.

Menurut Hadi, KPU bakal mengupayakan agar penghitungan suara diselesaikan hari ini, sehingga pengumuman tetap pada 20 Maret.

"KPU terus berupaya untuk tepat waktu tanggal 20. Tentunya upaya-upaya untuk menghadapi kendala-kendala itu KPU sudah memiliki cara. Kita doakan saja semua lancar tanggal 20, tepat waktu, diumumkan hasil pemungutan suara Pemilu 2024," katanya.

Diberitakan sebelumnya, KPU RI bakal melanjutkan rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara hari ini. Adapun masih terdapat empat provinsi yang rapat pleno rekapitulasinya belum diselesaikan.

"Jadi teman-teman, hari ini kami rencanakan untuk melanjutkan pleno rekapitulasi nasional secara terbuka untuk empat provinsi yang belum," kata Komisioner KPU August Mellaz, Selasa (19/3/2024).



Dia menjelaskan KPU Jawa Barat dan Maluku telah tiba di Jakarta. Rencananya, rapat pleno ini akan dimulai dari dua provinsi tersebut.

"Yang jelas dua provinsi hari ini, Jawa Barat sudah di Jakarta, sudah di KPU, tinggal nanti dibuka plenonya. Kemudian untuk Provinsi Maluku sedang dalam perjalan dari bandara ke Kantor KPU," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)