Caleg Artis dari PDIP Diajak Keliling Museum

Selasa, 25 September 2018 - 15:08 WIB
Caleg Artis dari PDIP Diajak Keliling Museum
Caleg Artis dari PDIP Diajak Keliling Museum
A A A
JAKARTA - Sejumlah calon anggota legislatif (caleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari kalangan artis, seniman, budayawan mengunjungi Museum Kebangkitan Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Kunjuangan tersebut merupakan bagian dari upaya PDIP mengenalkan sejarah kebangkitan nasional kepada para caleg.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah menilai kegiatan tersebut sangat penting karena kalangan artis, pekerja seni dan budayawan kerap kali dijadikan role model oleh masyarakat.

"Karena artis, pekerja seni dan budayawan biasanya menjalankan fungsi sebagai pembentuk mindset karena perilakunya cenderung ditiru," kata Basarah di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Basarah berharap, melalui kegiatan pengenalan museum yang dikenal dengan Gedung Stovia ini para caleg artis bisa membantu menyampaikan kepada masyarakat mengenai perjuangan panjang para tokoh pergerakan nasional membebaskan rakyat Indonesia dari penjajahan.

Menurut dia, para tokoh perjuangan telah membangun narasi perjuangan dengan persatuan nasional sebagai kata kunci. Narasi itu dibangun untuk melawan politik pecah belah yang diterapkan penjajah.

"Selain narasi sejarah konflik, rakyat Indonesia juga perlu dihadirkan narasi sejarah mengenai pendahulu bangsa kita yang sudah memberi contoh bagaimana mereka keluar dari perangkap politik defide et impera (politik adu domba-red) Belanda," ungkap Wakil Ketua MPR ini.

Hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Krisdayanti, Kirana Larasati, Iis Sugianto, Lita Zen, Cica Kuswoyo dan sejumlah artis lainnya. Mereka juga mendapatkan materi tentang sejarah dari sejarawan Bonnie Triyana.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5553 seconds (0.1#10.140)