'Dua Sesi' Tiongkok 2024 dan Implikasinya bagi Kebijakan, Ekonomi, dan Pertahanan

Kamis, 14 Maret 2024 - 15:14 WIB
loading...
A A A
5. Apa Kebijakan Tiongkok untuk Kesejahteraan Sosial?
Termasuk kesehatan, pendidikan, dan jaminan sosial, bagaimana pemerintah berencana meningkatkan kualitas hidup warganya?

6. Bagaimana Tiongkok Meningkatkan Hubungan Internasional?
Di tengah ketegangan geopolitik, dunia akan menantikan bagaimana Tiongkok berniat memperkuat dan membentuk hubungan internasionalnya, termasuk dengan negara-negara Barat.

7. Apa Peran Tiongkok dalam Keamanan Global dan Regional?
Dengan isu seperti keamanan siber, perang informasi, dan konflik regional yang mendapat banyak perhatian, komunitas internasional tertarik untuk mengetahui bagaimana Tiongkok memposisikan dirinya sebagai pemain global dalam hal keamanan.

"Dua Sesi" merupakan pertemuan yang diadakan sekali setahun. Tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan rakyat melalui perwakilan ke pusat kekuasaan Partai, meskipun pada kenyataannya sering kali dianggap hanya sebagai prosedur formal politik.

Menurut konstitusi Tiongkok, NPC adalah badan kekuasaan tertinggi di negara tersebut, terdiri dari wakil-wakil yang dipilih dari provinsi, daerah otonom, kota-kota yang berada langsung di bawah pemerintah pusat, daerah administrasi khusus, dan tentara pembebasan rakyat. Periode jabatan perwakilan rakyat adalah lima tahun, dan sesi NPC saat ini memiliki 2977 perwakilan.

Sedangkan untuk Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok (CPPCC), sesi ini terdiri dari 2172 anggota, yang berasal dari Partai Komunis Tiongkok, berbagai partai demokrat, tokoh demokrasi non-partai, organisasi massa, perwakilan dari minoritas etnis, daerah administrasi khusus Hong Kong dan Macau, perwakilan dari Taiwan, perwakilan dari warga negara Tiongkok yang tinggal di luar negeri, serta tamu undangan khusus. CPPCC juga merupakan salah satu saluran bagi pengusaha swasta Tiongkok untuk masuk ke dalam lingkaran politik, termasuk pendiri Tencent Ma Huateng, pendiri Grup Evergrande Xu Jiayin, dan pendiri CATL Zeng Yuqun, yang semuanya pernah menjadi atau saat ini adalah anggota CPPCC.

Bagaimana cara "Dua Sesi" Tiongkok diadakan?
Meskipun "Dua Sesi" sering dianggap sebagai sesuatu acara yang hanya formalitas saja untuk keputusan politik di China, tetapi ini juga merupakan "jendela" pengamatan politik yang langka dalam setahun.

Sesuai dengan tradisi, tim kepemimpinan tertinggi Partai Komunis China, termasuk 7 anggota Komite Tetap Politbiro, akan "bergabung dengan grup", menghadiri diskusi kelompok dari delegasi regional atau berbagai sektor, di mana topik dan konten pembicaraan yang mereka pilih sering dianggap sebagai indikator arah kebijakan tahun itu.

Selama "Dua Sesi", Perdana Menteri China, Li Qiang, akan menyampaikan laporan kerja pemerintah tahunan, yang tidak hanya meninjau pencapaian kerja tahun 2023 tetapi juga mengumumkan tujuan kerja untuk tahun 2024.

Namun, pada hari pertama pertemuan tahun ini, terjadi perubahan dramatis. Biasanya, pertemuan "Dua Sesi" berlangsung monoton, dan konferensi pers perdana menteri dengan wartawan domestik dan internasional setelah pertemuan merupakan salah satu dari sedikit sorotan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)