Ungkap Kecurangan, Ahok Buka-bukaan Pengalaman Pilkada Belitung hingga DKI Jakarta

Jum'at, 08 Maret 2024 - 19:38 WIB
loading...
Ungkap Kecurangan, Ahok Buka-bukaan Pengalaman Pilkada Belitung hingga DKI Jakarta
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama/Ahok bicara tentang hak angket sebagai cara tepat mengungkap kecurangan pemilu berdasarkan pengalamannya saat Pilkada di Belitung Timur hingga DKI Jakarta. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bicara tentang hak angket sebagai cara tepat mengungkap kecurangan pemilu berdasarkan pengalamannya saat Pilkada di Belitung Timur hingga DKI Jakarta.

Menurut dia, ada banyak trik yang dilakukan dengan memanfaatkan celah hukum oleh tim kampanye dan pendukung pasangan calon (paslon) tertentu.



Misalnya, ada pengusaha yang mendukung paslon dan memberikan sumbangan atau bantuan. Hanya dengan beralasan tidak masuk daftar tim kampanye, maka bantuan tersebut dianggap tidak berhubungan dengan paslon.

"Sehingga ketika dituntut karena memberikan sumbangan untuk mempromosikan paslon tersebut, paslon bisa menghindar dengan menyatakan tak memiliki hubungan. Ini nih konyolnya, calon yang bersangkutan bisa ngomong saya nggak nyuruh kok," ujar Ahok dalam acara “Friend” di kanal YouTube Merry Riana yang dikutip, Jumat (8/3/2024).

Belum lagi pelanggaran yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), saksi parpol dan paslon, hingga Bawaslu dan KPU dari tingkat kecamatan hingga pusat.

"Karena terlalu banyak yang sumir dalam pemilu ini, makanya yang penting dilakukan adalah memproses hak angket," kata Ahok.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)