Pencipta Dragon Ball Akira Toriyama Tinggalkan Harta Rp857 Miliar

Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:31 WIB
loading...
Pencipta Dragon Ball Akira Toriyama Tinggalkan Harta Rp857 Miliar
Akira Toriyama, pencipta Dragon Ball meninggal dunia di usia 68 tahun. FOTO/CBR
A A A
JAKARTA - Akira Toriyama, pencipta Dragon Ball meninggal dunia di usia 68 tahun pada 1 Maret 2024. Toriyama meninggal karena sakit hematoma subdural atau penggumpalan darah di otak.

"Kepada teman-teman dan rekan-rekan yang terhormat. Dengan sangat sedih kami memberitahukan bahwa pencipta manga Akira Toriyama telah meninggal dunia pada tanggal 1 Maret karena hematoma subdural akut. Beliau meninggal dalam usia 68 tahun," demikian pernyataan resmi yang ditandatangani oleh Bird Studio dan Capsule Corporation Tokyo diposting di X.



"Kami sangat menyesal karena beliau masih memiliki beberapa karya yang sedang dalam proses pembuatan dengan penuh semangat. Selain itu, masih banyak hal yang ingin beliau capai. Namun, beliau telah meninggalkan banyak judul manga dan karya seni kepada dunia ini. Berkat dukungan dari begitu banyak orang di seluruh dunia, beliau dapat melanjutkan kegiatan kreatifnya selama lebih dari 45 tahun. Kami berharap bahwa dunia kreasi Akira Toriyama yang unik akan terus dicintai oleh semua orang untuk waktu yang lama," bunyi pernyataan tersebut, dikutip dari Comic Book Resources, Jumat (8/3/2024).

Dragon Ball karya Akira Toriyama adalah Manga Shonen paling ikonik dalam sejarah. CBR menyebutkan manga karya Akira Toriyama sebagai salah satu paling berpengaruh. Dengan penjualan seri Dragon Ball yang mencapai 300 juta volume, Toriyama tidak diragukan lagi adalah seorang raksasa dalam industri manga. Toriyama juga menciptakan Dragon Ball Z, yang secara resmi memperkenalkan media manga ke belahan dunia barat. Ini bukan satu-satunya sumber pendapatan Toriyama.



Dia juga bertanggung jawab atas desain karakter dari seri video game Dragon Quest yang sangat besar. Terlepas dari dampak dan pengaruhnya yang luar biasa, kekayaan bersih Akira Toriyama diperkirakan sekitar USD55 juta atau setara Rp857 miliar pada 2023. Namun jumlah tersebut tampaknya sangat rendah mengingat dia adalah pencipta Dragon Ball. Namun, pencipta tidak selalu dibayar sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0763 seconds (0.1#10.140)