Kominfo Beri Penghargaan 36 Mitra Komunikasi Publik Terbaik

Rabu, 06 Maret 2024 - 20:12 WIB
loading...
Kominfo Beri Penghargaan 36 Mitra Komunikasi Publik Terbaik
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria (tengah) bersama penerima penghargaan Anugerah Media Center 2024 kepada mitra Kominfo Newsroom di Kota Bandung, Selasa (5/3/2024). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan penghargaan kepada 36 mitra komunikasi publik terbaik dalam ajang Anugerah Media Center (AMC) 2024. Mitra komunikasi publik yang dimaksud terdiri dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota, serta media dan komunitas.

Penghargaan diserahkan langsung Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/3/2024). Beberapa kepala daerah hadir untuk menerima penghargaan AMC 2024 di antaranya Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, Wakil Bupati Pangkajene Kepulauan Syahban Sammana, Wali Kota Padang Hendri Septa, Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahin, serta Pj Wali Kota Palangkaraya Hera Nugrahayu.



“Saya ingin mengapresiasi peran serta berbagai pihak yang telah bahu membahu membangun komunikasi dan menjaga ruang publik menjadi lebih sehat dan santun. Apresiasi juga untuk gelaran AMC 2024 dan tentu selamat kepada para pemenang. Semoga memotivasi kita memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi dan konten positif,” ujar Nezar Patria.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemkominfo Usman Kansong mengatakan pengelolaan komunikasi publik harus terus dilakukan sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui produksi konten yang sehat dan positif. Salah satu caranya adalah melalui sinergi dan kolaborasi.

“AMC menjadi bentuk apresiasi para mitra yang telah bersama-sama membangun komunikasi publik melalui informasi yang dikemas dalam pemberitaan atau konten informasi yang mendidik, mencerahkan, dan memberdayakan di seluruh pelosok Tanah Air,“ ungkap Usman.

Pada kesempatan itu, Wamenkominfo Nezar Patria resmi meluncurkan Kominfo Newsroom. Hal itu menjadi keniscayaan bagi masyarakat yang tidak bisa mengelak dari pemanfaatan media digital, sehingga kemampuan pengelolaan media sosial menjadi sebuah keharusan bagi pengelola komunikasi, dalam hal ini Kominfo Newsroom dengan jaringannya.

“Hadirnya media center dan mitra Kominfo Newsroom lainnya terlebih dalam produksi dan diseminasi informasi positif tentu menjadi harapan. Peran ini jadi lebih besar lagi jika mampu melakukan penetrasi lebih jauh lagi. Bisa dikatakan kita adalah content creator terbesar,” ujar Nezar.

Kominfo Newsroom yang dikelola Direktorat Pengelolaan Media Ditjen IKP memiliki tujuh kanal yang terbagi dalam segmentasi media digital berupa portal berita, media audio visual, dan cetak. Tujuh kanal tersebut yakni Portal Indonesia (Indonesia.go.id), InfoPublik, GPR TV, Indonesia Baik, FMB9, Komunika, serta GPR News.

Kominfo Newsroom berperan memproduksi dan diseminasi informasi publik dengan visi dan misi memberikan kemudahan akses informasi yang aktual, akuntabel, dan tepercaya terkait program-program pemerintah baik kementerian lembaga pusat dan daerah.

Kominfo Newsroom merupakan salah satu upaya memastikan akses informasi mudah diperoleh masyarakat hingga pelosok negeri.

Dalam memproduksi informasi dan konten, Kominfo Newsroom menjalin mitra dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan komunitas yang disebut juga Media Center.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0758 seconds (0.1#10.140)