Relawan Teman Jokowi Dideklarasikan, Perwakilannya Sampai Luar Negeri

Selasa, 17 Juli 2018 - 08:23 WIB
Relawan Teman Jokowi Dideklarasikan, Perwakilannya Sampai Luar Negeri
Relawan Teman Jokowi Dideklarasikan, Perwakilannya Sampai Luar Negeri
A A A
JAKARTA - Jelang pendaftaran calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres), relawan pendukung Joko Widodo (Jokowi) mulai memanaskan mesin kampanye guna melanjutkan kepemimpinan dua periode.

Hal inilah yang dilakukan oleh salah satu kelompok relawan yang diberi nama Teman Jokowi (TJ) yang resmi dideklarasikan pada Senin (16/7/2018).

“Pada periode pertamanya, Presiden Jokowi berhasil meletakkan pondasi baru bagi pembangunan Indonesia dalam menghadapi persaingan global membawa Indonesia menuju negara maju. Proses pembangunan itu perlu berkesinambungan. Untuk itulah, kami mendorong Presiden Jokowi untuk melanjutkan kepemimpinannya pada periode 2019-2024,” ujar Ketua Umum TJ, Andre Opa Sumual saat deklarasi.

Andre menyebut, pihaknya sudah sejak 2014 telah menjadi relawan dan saat ini sudah ada di semua provinsi bahkan sudah memiliki perwakilan di beberapa negara.

“Sampai saat ini TJ sudah ada di Stutgart, Frankfurt, Bonn, Den Haag, Amsterdam, Paris, Brussels, Oslo, Abu-Dhabi, Kairo, Oman, San Fransisco, Los Angeles, Kansas, Hongkong, Makau, Tokyo, Oarai, Gifu, Osaka, Singapura, Kuala Lumpur, Melbourne, Manchester dan London,” jelasnya.

Disinggung soal usulan cawapres, Andre mengaku TJ menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi. "Siapapun yang ditunjuk menjadi cawapres kami dukung," jelas Andre.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan PDIP, Eva Kusuma Sundari berharap, relawan TJ tidak hanya membantu memenangkan Jokowi di Pilpres 2019, tapi juga membantu mewujudkan program Nawacita Jokowi di periode kedua pemerintahannya jika terpilih kembali.

Diungkapkan Eva, relawan TJ sama sekali tidak berafiliasi dengan partai pendukung. "Ini inisiasi mereka sendiri, saya kaget juga tiba-tiba diundang acara deklarasi," ujar Eva.

Organisasi relawan ini, lanjut Eva berbasis pengusaha, kalangan selebritas dan pegiat media sosial. Salah satu pegiat media sosial, Ulin Yusron yang didapuk menjadi Dewan Penasihat organisasi ini menjelaskan, dirinya memang ikut andil dalam segala organisasi relawan yang mendukung Jokowi.

"Bukan organisasi ini saja, relawan manapun, ormas atau partai yang mendukung Jokowi akan saya dukung," ujar Ulin.

Menurutnya, beberapa alasan dirinya dan kawan-kawan konsisten mendukung Jokowi adalah, karena Jokowi terbukti sebagai pemimpin yang bisa bekerja. "Angka kemiskinan hari ini turun menjadi satu digit, selama ini kan dua digit. Ini baru satu dari banyak bukti Jokowi bisa bekerja," ucap Ulin.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7427 seconds (0.1#10.140)