Menghitung Peluang Anies Menjadi Cawapres Jokowi

Jum'at, 06 Juli 2018 - 15:24 WIB
Menghitung Peluang Anies Menjadi Cawapres Jokowi
Menghitung Peluang Anies Menjadi Cawapres Jokowi
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Vox Pol Center, Pangi Syarwi Chaniago, mencium gelagat elite politik yang hendak menarik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke gelanggang Pilpres 2019.

Bila nantinya Anies menerima pinangan elite politik, Pangi menilai orang nomor satu di Ibu Kota itu berpeluang masuk ke poros mana pun. Termasuk poros Joko Widodo (Jokowi) maupun poros Prabowo Subianto.

"Kalau memang maju, dia (Anies) punya peluang ke mana pun, dia tak berbenturang dengan Pak Jokowi dan JK. Sementara itu Prabowo juga butuh Anies," kata Pangi kepada Sindonews, Jumat (6/7/2018).

Lantas bagaimana peluang Anies dipinang Jokowi sebagai calon wakil presiden? Pangi mengatakan kemungkinan itu ada.

Menurut Pangi, tak ada dampak negatif bagi Jokowi meminang Anies sebagai cawapres meski ada antrian panjang ketua umum partai politik pendukung yang juga ingin mendapatkan posisi tersebut.

"Bagi Jokowi tak ada dampak. Jokowi jago menaklukkan orang. TGB saja tunduk. Nasdem, Hanura, Golkar, ikut. Bagi Jokowi, Anies bisa menambah insentif elektoral," ucap Pangi.

Untung bagi Jokowi, nahas bagi Prabowo. Bila Anies bergabung dengan Jokowi, kata Pangi, Prabowo akan kembali kena getah lantaran ditinggalkan sejumlah tokoh yang namanya dia besarkan.

"Sudah berapa kali Prabowo membesarkan orang lalu ditinggal. Dulu besarkan Ahok, lalu ditinggalkan. Besarkan Ridwan Kamil, lalu Anies," kata Pangi.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2732 seconds (0.1#10.140)
pixels