Jelang Pemilu 2024, Aplikasi Ini Permudah Masyarakat Akses Rekam Jejak Caleg

Selasa, 06 Februari 2024 - 23:44 WIB
loading...
Jelang Pemilu 2024, Aplikasi Ini Permudah Masyarakat Akses Rekam Jejak Caleg
Menjelang Pemilu 2024, informasi mengenai program kerja dan sosok calon anggota legislatif (caleg) masih minim. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menjelang Pemilu 2024, informasi mengenai program kerja dan sosok calon anggota legislatif (caleg) masih minim. Hal tersebut membuat masyarakat kesulitan dalam memahami visi misi dari para calon wakil rakyat tersebut.

Berdasarkan data dari laman infopemilu.kpu.go.id disebutkan sebanyak 43,2% caleg DPR RI tidak mengisi informasi program kerja. Hal itu juga terlihat pada caleg di tingkat DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Kota, serta DPD.

Bahkan, sekitar 18,5% dari 258.000 lebih caleg tidak bersedia mempublikasikan profilnya. Artinya, hampir 1 dari 5 caleg tidak mau dikenal oleh calon pemilihnya.

Sementara itu, ketersediaan informasi mengenai para caleg yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat hingga kini masih sangat terbatas. Informasi yang minim pada baliho di sepanjang jalan tidak mencukupi untuk memberikan gambaran yang mendalam mengenai rekam jejak caleg.



Terkait permasalahan ini, platform digital independen, nirlaba, nonpartisan dan imparsial bernama pilihyangbener.id dibuat. Tujuannya, untuk menjawab dan menyediakan informasi mengenai rekam jejak para caleg.

Salah satu inisiator aplikasi tersebut, Welly Chan menyatakan, hingga saat ini informasi caleg yang tersedia di luar sana masih minim. ”Kami mengajak para calon pemilih, agar mencari tahu rekam jejak caleg secara online sebelum pemilu," ujarnya, Selasa (6/2/2024)



Welly menekankan pentingnya calon pemilih mendapatkan informasi lebih mendalam tentang rekam jejak caleg seperti visi, misi, kegiatan, kontribusi, komitmen dan program mereka di tengah masyarakat selama ini. Apabila informasi tersebut tidak tersedia bagi publik, masyarakat akan kesulitan memilih caleg berdasarkan kompetensi, pengalaman dan rekam jejak lainnya.

”Calon pemilih akan cenderung memilih secara asal-asalan atau golput. Untuk membantu warga mengenali nama-nama caleg yang akan muncul dalam surat suara, fitur simulasi surat suara akan membantu warga untuk melihat tampilan layout dan isinya yang menyerupai surat suara asli, sehingga mereka dapat mempelajari dan berlatih menemukan posisi parpol dan nomor urut caleg terbaik yang akan dicoblos,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)