Gizi Terpenuhi, Stunting Hilang, Generasi Emas Tercapai

Jum'at, 26 Januari 2024 - 23:13 WIB
loading...
A A A
Sering kali kita beranggapan atau opini, jika kita mengkonsumsi makanan sehat itu mahal dan ini sangat salah. DASHAT ini secara ideologis ingin menghadirkan kedaulatan pangan, dengan mampu memproduksi sendiri, sehingga dapat berdikari dengan meningkatkan ketahanan pangan lokal. Kita mampu menghasilkan sendiri dan memproduksi sendiri pangan lokal yang sehat dan mengandung gizi seimbang dan tidak mahal. Banyak makanan alternatif yang tersedia di sekitar kita yang mengandung gizi setara dengan makanan yang dianggap mahal selama ini. Makanan untuk mencegah stunting seperti ikan atau telur sudah cukup, proteinnya besar tidak kalah dengan daging sapi.

Pelaksanaan DASHAT sangat beragam. tergantung dengan kondisi dan budaya masing-masing wilayah. Misalnya, salah satu desa di Kabupaten Kulonprogo, untuk kegiatan DASHAT, bahan makanan diperoleh dari Sektor Pertanian, Dana Desa/Kelurahan dan gotong royong masyarakat. Salah satu Desa di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan ada yang mendapatkan bantuan CSR dari perusahaan tambang dan pengolahan dana Bumdes. DASHAT di salah wilayah di Kota Pekanbaru mendapatkan bantuan dari masyarakatnya dengan menyumbang telur dan uang secara sukarela. Masih banyak lagi keterlibatan pentahelix dalam pemenuhan gizi masyarakat melalui DASHAT.

Ke depan berharap DASHAT menghadirkan produk-produk lokal yang kemudian bisa menjawab kebutuhan gizi seimbang dan tantangan menurunkan stunting dan mencerdaskan kehidupan keluarga, menjadi keluarga yang berkualitas dan kampung keluarga yang berkualitas dan akhirnya menjadi bangsa yang besar, unggul dan maju sesuai yang dicita-citakan oleh pemerintah dan kita semuanya.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)