alexametrics

Tak Cantumkan Nama UAS dalam Daftar Penceramah, Kemenag Tuai Kritikan

loading...
Tak Cantumkan Nama UAS dalam Daftar Penceramah, Kemenag Tuai Kritikan
Tidak tercantumnya nama Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Ustaz Adi Hidayat dalam daftar penceramah yang direkomendasikan Kementerian Agama (Kemenag) dipertanyakan netizen atau warganet. Istimewa/Twitter
A+ A-
JAKARTA - Tidak tercantumnya nama Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Ustaz Adi Hidayat dalam daftar penceramah yang direkomendasikan Kementerian Agama (Kemenag) dipertanyakan netizen atau warganet.

Akun Twitter @PrijantoRabbani termasuk salah satu yang mempertanyakan hal ini. "Sikap Menag @lukmansaifuddin semakin terlihat Kemenag bukan berpihak dan untuk kepentingan umat Islam tapi untuk kepentingan penguasa. Tak bisa dipungkiri Ustadz Abdul Somad, ustadz yang saat ini sangat ditunggu & jadi rujukan umat," kicau @PrijantoRabbani, 16 jam lalu.

19 jam lalu, akun Twitter @eae18 pun mempertanyakan langkah Kemenag. "Semoga Menag @lukmansaifuddin dan pejabat @Kemenag_RI terbuka mata hatinya. Ust Adi Hidayat itu alumni UIN Jakarta, Jur Dirasat Islamiyyah. Lulus DI minimal harus hafal 8 juz."

Senada, @Andalusia_Rusyd berkicau,"Gak perlu rujukan segala dr @Kemenag_RI @lukmansaifuddin, Setiap tablig akbar selalu dipadatin sama ummat @ustadabdulsomad."



Diberitakan sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengeluarkan rilis sekitar 200 daftar nama muballigh atau penceramah kepada masyarakat.

Namun yang mengejutkan, dari 200 nama penceramah tersebut, nama Ustaz Abdul Somad LC MA yang tengah populer di masyarakat tidak tercantum dalam rilis yang dikeluarkan Kemenag.

Tak hanya nama Ustaz kondang asal Riau saja yang tak muncul, beberapa nama yang populer lainnya seperti Ustaz Adi Hidayat, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Haikal Hasan, dan Ustaz Bachtiar Nasir juga tak masuk dalam 200 nama tersebut. Ironisnya lagi, nama Ustaz Tengku Zulkarnain yang notabene Wasekjen MUI pun tak dimasukkan dalam rilis penceramah Kemenag itu.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan pihaknya menerima banyak pertanyaan dari masyarakat terkait nama muballigh yang bisa mengisi kegiatan keagamaan mereka.

"Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi muballigh oleh masyarakat. Belakangan,  permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama muballgh," terang Menag seperti tertulis dalam situs Kemenag.go.id. (Baca juga: Kemenag Rilis 200 Nama Penceramah, Ustaz Abdul Somad Tak Tercantum).
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak